Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 2(Bermain di Lingkunganku) Sub Tema 1 (Bermain di Lingkungan Rumah) Pembelajaran 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 1                   :     Bermain di Lingkungan Rumah
Pembelajaran Ke          :     5
Alokasi Waktu               :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PJOK
3.1    Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
4.1    Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

PPKn
3.4    Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.4    Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
3.2.1   Menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar.
3.2.2   Menyebutkan urutan aktivitas bermain dengan topik tertentu.
4.2.1   Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.

PJOK
3.1.1   Menjelaskan konsep pola gerak dasar lokomotor berdasarkan permainan yang dilakukan
4.1.1   Berjalan merubah arah dengan isyarat.
4.1.2   Berlari merubah arah dengan isyarat.
4.1.3   Mengkombinasikan gerak jalan, lari, dan lompat.
4.1.4   Mengontrol tubuh dalam start.
4.1.5   Mengontrol tubuh dalam berhenti.

PPKn
3.4.5   Menjelaskan arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah.
4.4.1   Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan membaca teks, siswa dapat menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar dengan percaya diri dan intonasi yang tepat.
¡  Dengan teks bacaan, siswa dapat membacakan teks cerita bermain ke rumah Beni dengan cermat.
¡  Dengan membaca teks dari guru, siswa dapat menuliskan teks cerita mencari harta karun dengan menggunakan huruf tegak bersambung dengan cermat.
¡  Dengan membaca teks, siswa dapat mengurutkan gambar dari awal hingga akhir sesuai bacaan dengan cermat
¡  Dengan mengurutkan gambar, siswa dapat bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dengan bertanggung jawab.
¡  Dengan melakukan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah dengan percaya diri.
¡  Dengan berdiskusi dengan teman sebangku, siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan gambar bermain mencari harta karun dengan bertanggung jawab
¡  Dengan mengamati, siswa dapat menuliskan tentang ciri-ciri teman di kelas pada tabel dengan cermat.
¡  Dengan melakukan permainan, siswa dapat menulis nomor urutan gambar sesuai dengan bacaan tentang 6 kegiatan permainan mencari harta karun dengan bertanggung jawab.
¡  Dengan melakukan permainan mencari harta karun, siswa dapat berjalan merubah arah dengan isyarat dengan cermat dan percaya diri.
¡  Dengan melakukan permainan mencari harta karun, siswa dapat berlari merubah arah dengan isyarat dengan cermat dan percaya diri.
¡  Dengan melakukan permainan mencari harta karun, siswa dapat mengkombinasikan gerak jalan, lari, dan lompat dengan percaya diri.
¡  Dengan permainan mencari harta karun, siswa dapat mengontrol tubuh dalam start dengan percaya diri.
¡  Dengan permainan mencari harta karun, siswa dapat mengontrol tubuh dalam berhenti dengan percaya diri.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan konsep pola gerak dasar lokomotor berdasarkan permainan yang dilakukan dengan cermat dan percaya diri.
¡  Dengan diskusi kelompok siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan permainan mencari harta karun yang telah dilakukan

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Melakukan gerakan dasar lokomotor
¡  Menceritakan aktivitas bermain mencari harta karun
¡  Bermain peran bersatu dalam keberagaman

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Siswa mengamati gambar (mengamati).
§  Guru memberikan arahan kepada siswa untuk menceritakan permainan yang sering dimainkan di lingkungan sekitar rumah dengan percaya diri dan dengan intonasi yang tepat ke depan kelas (mengamati).
§  Siswa mengamati teks permainan kegemarannya (mengamati).
§  Siswa mengamati cara melakukan permainan kegemarannya (mengamati).
§  Siswa menanya tentang permainan kegemaran temannya (menanya).
§  Siswa menanya tentang cara melakukan permainan kegemarannya (menanya).
§  Siswa menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar dengan percaya diri dan intonasi yang tepat (mengomunikasikan).
§  Guru memberikan arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan cermat.
§  Siswa mendengarkan contoh guru membaca cerita tentang bermain ke rumah Beni (mengamati).
§  Siswa membacakan teks cerita bermain ke rumah Beni dengan mengikuti contoh guru (mengamati).
§  Siswa menuliskan kembali cerita mencari harta karun dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan huruf kapital dengan tepat (mengomunikasikan).
§  Guru memberikan arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan cermat.
§  Siswa mengamati gambar acak tentang bermain harta karun (mengamati).
§  Siswa mengurutkan gambar acak tentang bermain harta karun (mengasosiasi).
§  Siswa menyebutkan urutan bermain mencari harta karun (mengomunikasikan).
§  Siswa bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah (mengomunikasikan).
§  Siswa menjelaskan arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah. (mengomunikasikan).
§  Guru memberi arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan bertanggung jawab.
§  Siswa berdiskusi dengan teman sebangku menjawab pertanyaan berdasarkan gambar bermain mencari harta karun (mengasosiasi).
§  Siswa menuliskan ciri-ciri fisik teman-teman di kelasnya pada tabel (mengumpulkan informasi).
§  Siswa menjawab pertanyaan tentang ciri-ciri teman di kelasnya yang berdasarkan tabel (mengasosiasi).
§  Guru memberi arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan bertanggung jawab.
§  Siswa membaca bacaan tentang 6 kegiatan permainan mencari harta karun (mengamati).
§  Siswa mengamati gambar tentang kegiatan permainan mencari harta karun berdasarkan instruksi teman (mengamati).
§  Siswa ditugaskan untuk menulis nomor urut gambar sesuai dengan bacaan tentang 6 kegiatan permainan mencari harta karun (mengasosiasi).
§  Siswa bertanya tentang kegiatan yang akan dilakukan berkaitan dengan kegiatan lokomotor di lapangan (menanya).
§  Siswa menyimak penjelasan guru tentang kegiatan yang dilakukan (mengamati).
§  Siswa melakukan permainan mencari harta karun secara berkelompok (mengumpulkan informasi).
§  Siswa berjalan 5 langkah ke depan lalu belok kiri dan berjalan 4 langkah ke depan (mengumpulkan informasi).
§  Siswa berjalan mengitari pohon dua kali (mengumpulkan informasi).
§  Siswa berlari ke depan lalu melompat untuk mengambil benda yang dicari di atas gantungan baju (mengumpulkan informasi).
§  Siswa berjalan melewati rintangan berupa anak tangga yang diletakan di tanah (mengumpulkan informasi).
§  Siswa berjalan ke depan 3 langkah lalu berjalan ke samping 5 lagkah (mengumpulkan informasi).
§  Siswa meloncat dari satu batu ke batu tapak di taman (mengumpulkan informasi).
§  Siswa mengontrol tubuh dalam star dan dalam berhenti (mengumpulkan informasi).
§  Siswa menjelaskan konsep pola gerak lokomotor berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan (mengomunikasikan).
§  Siswa menjawab pertanyaan berda sarkan permainan mencari harta karun yang telah dilakukan (menalar) secara kelompok (mengomunikasikan).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Gambar acak tentang permainan mencari harta karun.
¡  Gambar acak tentang berbagai gerakan lokomotor dalam sebuah permainan mencari harta karun.
¡  Teks bacaan tentang harta karun

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5



























2.   Penilaian Pengetahuan
Penilaian : Penskoran
a.   Penilain menjawab pertanyaan dengan berdiskusi berdasarkan gambar yang telah diurutkan siswa

Tes tertulis : skor
Banyak soal: 2 buah
Kunci jawaban:
Kerjas sama (skor 30)
Kita jarang mengenal perbedaan teman, kita hanya memilii sedikit teman, kita tidak disukai teman (jawaban bervariasi disesuaikan dengan jawaban siswa)(skor 70)

b.   Mengisi tabel ciri-ciri fisik teman.
Tes tertulis : skor
Kunci jawaban : disesuaikan dengan jawaban siswa.
c.   Menjawab pertanyaan berdasarkan tabel yang telah diisi siswa
Tes tertulis: skor
Jumlah soal: 3 buah
Kunci jawaban:
Berbeda (skor 35)
Berbeda (skor 35)
bersatu (skor 30)

d. Menjawab pertanyaan berdasarkan permainan mencari harta karun yang telah dilakukan.
Tes tertulis : skor
Kunci jawaban : (jawaban disesuikan dengan jawaban siswa)

3.   Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja

a.   Rubrik Penilaian Menceritakan Kegiatan Bermain di Lingkungan Rumah

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Bercerita

Siswa bercerita dengan lancar

Setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar

Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
Belum mampu bercerita

2.
Volume Suara

Terdengar sampai seluruh ruang kelas
Terdengar sampai setengah ruang kelas
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
Suara sangat pelan atau tidak terdengar



b.   Rubrik Penilaian Kemampuan Membacakan Teks Narasi

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Membaca Teks
Siswa mampu membaca keseluruhan teks
Siswa mampu membaca setengan atau lebih bagian teks
Siswa mampu membaca kurang dari setengah bagian teks
Siswa belum mampu membaca teks

2.
Pemahaman Isi teks

Mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan

Mampu menjawab setengah atau lebih pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks

Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan

c.   Rubrik Penilaian Menulis Narasi

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Menulis menggunakan huruf kapital dengan benar

Seluruh kata yang tepat ditulis dengan huruf kapital dengan benar
Setengah kata yang tepat ditulis dengan huruf kapital dengan benar
Kurang dari setengah kata yang tepat ditulis dengan huruf kapital dengan benar
Belum mampu menulis dengan huruf kapital
2.
Jumlah kata yang digunakan
50 atau lebih kata

35 sampai 49 kata

15 sampai 34 kata

kurang dari 15 kata

3.
Penggunaan tulisan tegak bersambung
Seluruh isi menggunakan tulisan tegak bersambung yang jelas, rapi dan bersih
Sebagian besar isi menggunakan tulisan tegak bersambung yang jelas, rapi dan bersih
Sebagian kecil isi menggunakan tulisan tegak bersambung yang jelas, rapi dan bersih
Tidak menggunakan tulisan tegak bersambung yang jelas, rapi dan bersih


d.   Rubrik Penilaian Bermain Peran
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Ekspresi
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara konsisten.
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun kurang konsisten.
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dengan dialog.
Monoton, tanpa ekspresi.

2.
Volume Suara
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
Terdengar sampai setengah ruang kelas
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
Suara sangat pelan atau tidak terdengar

Penilaian: Pengamatan/observasi
e.   Lembar Pengamatan Melakukan Aktivitas Gerakan Lokomotor
No.
Kriteria
Terlihat ( P)
Belum Terlihat (P )
1.
Keterampilan koordinasi gerakan


2.
Kemampuan mengikuti aturan gerakan


3.
ketepatan melakukan gerakan


4.
Mampu melakukan berbagai gerakan



Hasil Pengamatan Melakukan Aktivitas Gerakan Lokomotor

No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
T (P)
BT (P)
T (P)
BT (P)
T (P)
BT (P)
1.
Ekal






2.
Aisy






3.
Zidan






4.
………








Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar