RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 1 : Bermain
di Lingkungan Rumah
Pembelajaran Ke : 5
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
PJOK
3.1 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak
dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor
yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional.
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah dan sekolah.
4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam
keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.1
Menceritakan berbagai aktivitas bermain
di lingkungan sekitar.
3.2.2
Menyebutkan urutan aktivitas bermain
dengan topik tertentu.
4.2.1
Membacakan cerita narasi yang telah
ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
PJOK
3.1.1
Menjelaskan konsep pola gerak dasar
lokomotor berdasarkan permainan yang dilakukan
4.1.1
Berjalan merubah arah dengan isyarat.
4.1.2
Berlari merubah arah dengan isyarat.
4.1.3
Mengkombinasikan gerak jalan, lari, dan
lompat.
4.1.4
Mengontrol tubuh dalam start.
4.1.5
Mengontrol tubuh dalam berhenti.
PPKn
3.4.5
Menjelaskan arti bersatu dalam
keberagaman di rumah dan di sekolah.
4.4.1
Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman
di lingkungan rumah.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan membaca teks, siswa dapat menceritakan berbagai
aktivitas bermain di lingkungan sekitar dengan percaya diri dan intonasi yang
tepat.
¡ Dengan teks bacaan, siswa dapat membacakan teks cerita bermain
ke rumah Beni dengan cermat.
¡ Dengan membaca teks dari guru, siswa dapat menuliskan
teks cerita mencari harta karun dengan menggunakan huruf tegak bersambung
dengan cermat.
¡ Dengan membaca teks, siswa dapat mengurutkan gambar dari
awal hingga akhir sesuai bacaan dengan cermat
¡ Dengan mengurutkan gambar, siswa dapat bermain peran
tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dengan bertanggung jawab.
¡ Dengan melakukan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan
arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah dengan percaya diri.
¡ Dengan berdiskusi dengan teman sebangku, siswa dapat
menjawab pertanyaan berdasarkan gambar bermain mencari harta karun dengan
bertanggung jawab
¡ Dengan mengamati, siswa dapat menuliskan tentang
ciri-ciri teman di kelas pada tabel dengan cermat.
¡ Dengan melakukan permainan, siswa dapat menulis nomor
urutan gambar sesuai dengan bacaan tentang 6 kegiatan permainan mencari harta
karun dengan bertanggung jawab.
¡ Dengan melakukan permainan mencari harta karun, siswa
dapat berjalan merubah arah dengan isyarat dengan cermat dan percaya diri.
¡ Dengan melakukan permainan mencari harta karun, siswa
dapat berlari merubah arah dengan isyarat dengan cermat dan percaya diri.
¡ Dengan melakukan permainan mencari harta karun, siswa
dapat mengkombinasikan gerak jalan, lari, dan lompat dengan percaya diri.
¡ Dengan permainan mencari harta karun, siswa dapat
mengontrol tubuh dalam start dengan percaya diri.
¡ Dengan permainan mencari harta karun, siswa dapat
mengontrol tubuh dalam berhenti dengan percaya diri.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan konsep pola
gerak dasar lokomotor berdasarkan permainan yang dilakukan dengan cermat dan
percaya diri.
¡ Dengan diskusi kelompok siswa dapat menjawab pertanyaan
berdasarkan permainan mencari harta karun yang telah dilakukan
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Melakukan gerakan dasar lokomotor
¡ Menceritakan aktivitas bermain mencari harta karun
¡ Bermain peran bersatu dalam keberagaman
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa mengamati gambar
(mengamati).
§
Guru
memberikan arahan kepada siswa untuk menceritakan permainan yang sering
dimainkan di lingkungan sekitar rumah dengan percaya diri dan dengan intonasi
yang tepat ke depan kelas (mengamati).
§
Siswa mengamati teks permainan kegemarannya (mengamati).
§
Siswa
mengamati cara melakukan permainan kegemarannya (mengamati).
§
Siswa
menanya tentang permainan kegemaran temannya (menanya).
§
Siswa menanya tentang cara melakukan permainan kegemarannya (menanya).
§
Siswa
menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar dengan percaya
diri dan intonasi yang tepat (mengomunikasikan).
§
Guru memberikan
arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan cermat.
§
Siswa
mendengarkan contoh guru membaca cerita tentang bermain ke rumah Beni (mengamati).
§
Siswa
membacakan teks cerita bermain ke rumah Beni dengan mengikuti contoh guru (mengamati).
§
Siswa
menuliskan kembali cerita mencari harta karun dengan menggunakan huruf tegak
bersambung dan huruf kapital dengan tepat (mengomunikasikan).
§
Guru
memberikan arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan
dengan cermat.
§
Siswa
mengamati gambar acak tentang bermain harta karun (mengamati).
§
Siswa
mengurutkan gambar acak tentang bermain harta karun (mengasosiasi).
§
Siswa menyebutkan urutan bermain mencari harta karun (mengomunikasikan).
§
Siswa
bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah (mengomunikasikan).
§
Siswa menjelaskan arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan di
sekolah. (mengomunikasikan).
§
Guru
memberi arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan bertanggung
jawab.
§
Siswa
berdiskusi dengan teman sebangku menjawab pertanyaan berdasarkan gambar
bermain mencari harta karun (mengasosiasi).
§
Siswa menuliskan ciri-ciri fisik teman-teman di kelasnya pada
tabel (mengumpulkan informasi).
§
Siswa menjawab pertanyaan tentang ciri-ciri teman di kelasnya
yang berdasarkan tabel (mengasosiasi).
§
Guru memberi arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan
bertanggung jawab.
§
Siswa
membaca bacaan tentang 6 kegiatan permainan mencari harta karun (mengamati).
§
Siswa mengamati gambar tentang kegiatan permainan mencari harta
karun berdasarkan instruksi teman (mengamati).
§
Siswa
ditugaskan untuk menulis nomor urut gambar sesuai dengan
bacaan tentang 6 kegiatan permainan mencari harta karun (mengasosiasi).
§
Siswa bertanya tentang kegiatan yang akan dilakukan berkaitan dengan
kegiatan lokomotor di lapangan (menanya).
§
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang kegiatan yang dilakukan (mengamati).
§
Siswa
melakukan permainan mencari harta karun secara berkelompok (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa berjalan 5 langkah ke depan lalu belok kiri dan berjalan 4
langkah ke depan (mengumpulkan informasi).
§
Siswa berjalan mengitari pohon dua kali (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa berlari ke depan
lalu melompat untuk mengambil benda yang dicari di atas gantungan baju (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa
berjalan melewati rintangan berupa anak tangga yang diletakan
di tanah (mengumpulkan informasi).
§
Siswa berjalan ke depan 3
langkah lalu berjalan ke samping 5 lagkah (mengumpulkan informasi).
§
Siswa meloncat dari satu
batu ke batu tapak di taman (mengumpulkan informasi).
§
Siswa mengontrol tubuh
dalam star dan dalam berhenti (mengumpulkan informasi).
§
Siswa
menjelaskan konsep pola gerak lokomotor berdasarkan
kegiatan yang telah dilakukan (mengomunikasikan).
§
Siswa menjawab pertanyaan
berda sarkan permainan mencari harta karun yang telah dilakukan (menalar)
secara kelompok (mengomunikasikan).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Gambar acak tentang permainan mencari harta karun.
¡ Gambar acak tentang berbagai gerakan lokomotor dalam
sebuah permainan mencari harta karun.
¡ Teks bacaan tentang harta karun
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian : Penskoran
a. Penilain menjawab pertanyaan dengan
berdiskusi berdasarkan gambar yang telah diurutkan siswa
Tes tertulis : skor
Banyak soal: 2 buah
Kunci jawaban:
Kerjas sama (skor 30)
Kita jarang mengenal perbedaan teman, kita hanya memilii
sedikit teman, kita tidak disukai teman (jawaban bervariasi disesuaikan dengan
jawaban siswa)(skor 70)
b. Mengisi tabel ciri-ciri fisik teman.
Tes tertulis : skor
Kunci jawaban : disesuaikan dengan jawaban siswa.
c. Menjawab pertanyaan berdasarkan tabel yang
telah diisi siswa
Tes tertulis: skor
Jumlah soal: 3 buah
Kunci jawaban:
Berbeda (skor 35)
Berbeda (skor 35)
bersatu (skor 30)
d. Menjawab
pertanyaan berdasarkan permainan mencari harta karun yang telah dilakukan.
Tes tertulis : skor
Kunci jawaban : (jawaban disesuikan dengan jawaban siswa)
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Rubrik Penilaian Menceritakan Kegiatan
Bermain di Lingkungan Rumah
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Bercerita
|
Siswa bercerita dengan lancar
|
Setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
|
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan
dengan lancar
|
Belum mampu bercerita
|
2.
|
Volume Suara
|
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
|
Terdengar sampai setengah ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat pelan
atau tidak terdengar
|
b. Rubrik Penilaian Kemampuan Membacakan Teks
Narasi
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Membaca Teks
|
Siswa mampu membaca keseluruhan teks
|
Siswa mampu membaca setengan atau lebih bagian
teks
|
Siswa mampu membaca kurang dari setengah bagian teks
|
Siswa belum mampu membaca teks
|
2.
|
Pemahaman Isi teks
|
Mampu menjawab semua pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu menjawab setengah atau lebih
pertanyaan yang diajukan
|
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks
|
Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang
diajukan
|
c. Rubrik Penilaian Menulis Narasi
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Menulis menggunakan huruf
kapital dengan benar
|
Seluruh kata yang tepat
ditulis dengan huruf kapital dengan benar
|
Setengah kata yang tepat
ditulis dengan huruf kapital dengan benar
|
Kurang dari setengah kata yang
tepat ditulis dengan huruf kapital dengan benar
|
Belum mampu menulis dengan
huruf kapital
|
2.
|
Jumlah kata yang digunakan
|
50 atau lebih kata
|
35 sampai 49 kata
|
15 sampai 34 kata
|
kurang dari 15 kata
|
3.
|
Penggunaan tulisan tegak
bersambung
|
Seluruh isi menggunakan tulisan
tegak bersambung yang jelas, rapi dan bersih
|
Sebagian besar isi menggunakan
tulisan tegak bersambung yang jelas, rapi dan bersih
|
Sebagian kecil isi menggunakan
tulisan tegak bersambung yang jelas, rapi dan bersih
|
Tidak menggunakan tulisan tegak
bersambung yang jelas, rapi dan bersih
|
d. Rubrik Penilaian Bermain Peran
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Ekspresi
|
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara
konsisten.
|
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun
kurang konsisten.
|
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dengan dialog.
|
Monoton, tanpa ekspresi.
|
2.
|
Volume Suara
|
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
|
Terdengar sampai setengah ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat pelan
atau tidak terdengar
|
Penilaian:
Pengamatan/observasi
e. Lembar Pengamatan Melakukan Aktivitas Gerakan
Lokomotor
No.
|
Kriteria
|
Terlihat ( P)
|
Belum Terlihat (P )
|
1.
|
Keterampilan koordinasi gerakan
|
|
|
2.
|
Kemampuan mengikuti aturan gerakan
|
|
|
3.
|
ketepatan melakukan gerakan
|
|
|
4.
|
Mampu melakukan berbagai gerakan
|
|
|
Hasil
Pengamatan Melakukan Aktivitas Gerakan Lokomotor
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
T (P)
|
BT (P)
|
T (P)
|
BT (P)
|
T (P)
|
BT (P)
|
||
1.
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
………
|
|
|
|
|
|
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar