RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 2 : Hidup
Rukun dengan Teman Bermain
PembelajaranKe : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
(5x35 Menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
Bahasa
Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan
anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama
tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan
membuat kata-kata sendiri yang bermakna.
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah.
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Matematika
3.1.3
Membaca lambang bilangan sampai 500
3.1.4
Menulis lambang bilangan sampai 500
4.1.2
Membuat pola-pola bilangan sederhana
dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.
Bahasa
Indonesia
3.5.7
Mengidentifikasi contoh sikap hidup
rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.4
Membaca teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
SBdP
3.2.1
Mengidentifikasi berbagai pola irama
lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.7.1
Membuat lagu anak-anak sederhana dengan
kata-kata sendiri yang bermakna.
4.7.2
Menyanyikan lagu anak-anak sederhana
dengan kata-kata sendiri yang bermakna.
PPKn
3.3.9
Mengidentifikasi keberagaman teman
bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran
4.3.7
Menceritakan perilaku rukun dengan teman
bermain di sekitar rumah.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat
membaca teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan
teliti.
¡ Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat
mengiden-tifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan
teliti.
¡ Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat
meng-identifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan
kegemaran dengan teliti.
¡ Dengan kegiatan menulis cerita tentang hidup rukun,
siswa dapat menceritakan perilaku rukun dengan teman bermain di sekitar rumah
dengan bahasa yang santun.
¡ Dengan memperhatikan demonstrasi guru tentang pola irama
lagu, siswa dapat mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan
alat musik ritmis dengan teliti.
¡ Dengan bimbingan guru dan mengamati contoh syair lagu,
siswa dapat membuat lagu anak-anak sederhana meng-gunakan kata-kata sendiri
yang bermakna dengan percaya diri.
¡ Dengan lagu yang dibuat, siswa dapat menyanyikan lagu
anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang ber-makna dengan percaya
diri.
¡ Dengan mengamati beberapa lambang bilangan yang ada pada
gambar, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai 500 dengan percaya diri.
¡ Dengan penugasan, siswa dapat menulis lambang bilangan
sampai 500 dengan teliti.
¡ Dengan mengamati contoh deret bilangan, siswa dapat membuat
pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan
teliti.
E. MATERIPEMBELAJARAN
¡ Teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun.
¡ Contoh sikap hidup rukun.
¡ Keberagaman teman berdasarkan kegemaran.
¡ Teks cerita perilaku rukun dengan teman bermain.
¡ Pola irama lagu.
¡ Lagu anak-anak sederhana.
¡ Lambang bilangan sampai 500.
¡ Pola-pola bilangan sederhana.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Hidup Rukun”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa diminta mengamati gambar tentang bermain sepeda
yang menunjukan sikap hidup rukun terlebih dahulu sebelum membaca teks
percakapan (mengamati).
§
Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati (menalar).
§
Siswa membaca teks percakapan tentang bermain dalam
kerukunan dengan memperhatikan EYD (mengamati).
§
Siswa membuat pertanyaan dari teks bacaan teks percakapan
(mengomunikasikan).
§
Siswa mengajukan pertanyaan berdasarkan pertanyaan yang
dibuat dengan temannya di depan kelas (menanya).
§
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan temannya
(menalar).
§
Siswa kembali mengamati gambar yang mencerminkan hidup
rukun dalam keberagaman (mengamati).
§
Siswa mengidentifikasi gambar berdasarkan kegemarannya
(menalar).
§
Siswa membaca balon percakapan berdasarkan gambar yang
diamati (mengamati).
§
Siswa bertanya jawab tentang balon percakapan yang dibaca
(menalar dan mengomunikasikan).
§
Siswa diarahkan menulis isi cerita berdasarkan balon
perca-kapan yang dibaca (mengomunikasikan).
§
Guru mengarahkan siswa agar menulis dengan ejaan yang
benar.
§
Siswa membaca tulisan yang telah dibuat
(mengomunikasi-kan).
§
Setelah membaca tulisan yang telah dibuat, siswa
menceritakan pengalamannya tentang kerukunan ketika bermain dengan bahasa
yang santun (mengomunikasikan).
§
Siswa menjawab pertanyaan dari cerita yang didengar
(menalar).
§
Siswa menjelaskan manfaat hidup rukun ketika bermain di
sekitar rumah teman (mengomunikasikan).
§
Siswa menjelaskan akibat tidak bersikap rukun ketika
bermain disekitar rumah (mengomunikasikan).
§
Siswa menyanyikan lagu “Di Sini Senang di Sana Senang”
sesuai dengan teks lagu dengan memperhatikan tempo dan irama (mencoba).
§
Guru membimbing siswa agar dapat menyanyi dengan percaya
diri dan semangat.
§
Siswa membuat syair lagu tentang kerukunan(mencoba)
§
Syair lagu adalah kata-kata di dalam lagu.
§
Syair lagu yang dibuat disesuaikan dengan irama lagu “Di
Sini Senang di Sana Senang”.
§
Apabila siswa mengalami kesulitan, berilah contoh atau
mulailah dengan kalimat yang dibuat oleh guru atau ditambahkan siswa yang
lain.
§
Siswa juga dapat hanya dengan mengganti beberapa kata
saja sesuai dengan lagunya.
§
Siswa diarahkan mencari pasangan untuk saling bertanya
tentang syair lagu yang telah dibuat.
§
Siswa membuat pertanyaan berdasarkan lagu teman
pasangannya (menalar dan mengomunikasikan).
§
Siswa kemudian saling menjawab pertanyaan sesuai
pertanyaan yang diajukan temannya (menalar dan mengomunikasikan).
§
Siswa membaca teks bacaan yang memuat nomor rumah
(mengamati).
§
Siswa mengamati gambar dua rumah yang ada nomor rumahnya
(mengamati).
§
Siswa membaca lambang bilangan yang diamati (mengamati).
§
Siswa menulis lambang bilangan dari soal yang ada pada
bukunya (mencoba).
§
Siswa menulis bacaan lambang bilangan dengan tulisan
tegak bersambung pada lembar kerja yang ada di bukunya (mencoba).
§
Siswa mengamati pola barisan bilangan (mengamati).
§
Siswa membuat pola-pola bilangan sederhana yang ada pada
lembar bilangannya (mencoba).
§
Siswa diarahkan mengajukan pertanyaan tentang materi yang
belum dipahami (menanya).
§
Siswa menyimpulkan pelajaran dengan bahasa sendiri.
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Teks percakapan
¡ Gambar seri tentang hidup rukun di lingkungan bermain di
sekitar rumah
¡ Teks lagu “Di Sini Senang di Sana Senang”.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
4
|
|||||||||||||
5
|
|||||||||||||
…
|
2. Pengetahuan
a. Membaca lambang bilangan
Tes tertulis: Skor
Jumlah Soal: 5 Soal
Kunci Jawaban
1. Seratus dua puluh tiga
(skor 20)
2. Dua ratus tiga puluh empat
(skor 20)
3. Seratus empat puluh tujuh (skor 20)
4. Seratus tujuh puluh tiga (skor 20)
5. Dua ratus tujuh puluh empat (skor 20)
Kunci Jawaban
1. 147 (skor 20)
2. 173 (skor 20)
3. 142 (skor 20)
4. 274 (skor 20)
3. Ketrampilan
a. Membuat Pertanyaan tentang Kerukunan Udin dan Edo
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Membuat Pertanyaan tentang Kerukunan
Udin dan Edo
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Kesesuain pertanyaan dengan tema
|
Pertanyaan sesuai dengan tema dan lebih variatif
|
Pertanyaan sesuai dengan tema
|
Pertanyaan kurang sesuai dengan tema
|
Pertanyaan tidak sesuai dengan tema
|
2
|
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca
|
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang,
serta menggunakan tanda tanya di akhir kalimat.
|
Terdapat 1 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan
tanda tanya.
|
Terdapat 2 kesalahan atau lebih dalam penggunaan huruf besar
dan tanda tanya
|
Mengabaikan huruf besar dan tanda tanya.
|
b. Menulis Cerita Berdasarkan Urutan Gambar
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Menulis Cerita Berdasarkan Urutan
Gambar
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca
|
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang,
serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
|
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan
tanda titik.
|
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf
besar dan tanda titik
|
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan
tanda titik.
|
2
|
Kesesuaian cerita yang ditulis dengan tema dan urutan
gambar
|
Seluruh isi cerita yang ditulis sesuai tema dan urutan
gambar
|
Setengah atau lebih isi cerita sesuai dengan tema dan
urutan gambar
|
Hampir keseluruhan cerita kurang sesuai dengan tema dan
urutan gambar
|
Cerita tidak sesuai tema dan urutan gambar
|
3
|
Penulisan
|
Penulisan kata sudah tepat
|
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat penulisannya
|
Terdapat lebih dari 2 kata yang belum tepat penulisannya
|
Seluruh kata belum tepat dalam penulisan.
|
4
|
Penggunaan kalimat yang efektif
|
Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang efektif
|
Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang
efektif
|
Terdapat lebih dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang
kurang efektif
|
Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang belum efektif
|
c. Membuat Syair Lagu Tentang Kerukunan
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Membuat Syair Lagu Tentang Kerukunan
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Kesesuaian syair dengan tema
|
Seluruh isi syair sesuai tema
|
Setengah atau lebih isi syair sesuai dengan tema
|
Hampir keseluruhan isi syair kurang sesuai dengan tema
|
Syair tidak sesuai tema
|
2
|
Kesesuaian syair dengan irama lagu
|
Seluruh kalimat pada syair sesuai dengan irama lagu
|
Terdapat 1-2 kalimat pada syair yang kurang sesuai dengan
irama lagu
|
Lebih dari 2 kalimat pada syair kurang sesuai dengan
irama lagu
|
Seluruh kalimat pada syair tidak sesuai dengan irama lagu
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar