RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 1 : Bermain
di Lingkungan Rumah
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan
anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang
kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
PPKn
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan
sekolah.
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada
kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang
berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu,
panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
SBdP
3.3 Memahami gerak seharihari dengan
memperhatikan tempo gerak.
4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja
melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau
dengan media rekam.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.3.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan anggota
keluarga.
4.3.1
Menulis teks buku harian tentang
kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
PPKn
3.2.1 Menyebutkan beberapa aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.2
Menunjukkan beberapa contoh perilaku
yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1
Berperilaku yang sesuai dengan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
Matematika
3.5.1
Menyebutkan kegiatan sehari-hari yang dihubungkan
dengan satuan waktu.
4.5.1
Menuliskan waktu tertentu yang berkaitan
dengan jam.
SBdP
3.3.1
Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak
dalam kehidupan sehari-hari.
4.11.1 Menirukan gerakan bermain melalui gerakan
kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan secara langsung atau
melalui media.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan mengamati teks bacaan “Tugasku di Pagi Hari”, siswa
dapat menyebutkan kegiatan pada pagi
hari dengan percaya diri.
¡ Dengan menanya teman sebangku, siswa dapat menyebutkan
beberapa aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan
disiplin.
¡ Dengan menanya teman sebangku, siswa dapat menunjukkan
beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
¡ Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi
berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan cermat.
¡ Dengan mengamati media gambar berbagai gerakan, siswa dapat
menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati media gambar berbagai gerakan, siswa dapat
menirukan gerakan bermain melalui gerakan badan dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati media gambar berbagai gerakan, siswa dapat
menirukan gerakan bermain melalui gerakan tangan dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati media gambar berbagai gerakan, siswa dapat
menirukan gerakan bermain melalui gerakan kaki dengan percaya diri.
¡ Dengan melakukan gerakan yang telah dipelajari, siswa dapat
berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di rumah dengan disiplin.
¡ Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat menyebutkan
kegiatan sehari-hari yang dihubungkan dengan satuan waktu secara cermat.
¡ Dengan memperhatikan gambar jam, siswa dapat menuliskan
waktu tertentu yang berkaitan dengan jam dengan disiplin.
¡ Dengan menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam,
siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan anggota keluarga dengan
disiplin.
¡ Dengan memperhatikan gambar tentang kegiatan Siti, siswa
dapat menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat
secara cermat.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Menyebutkan beberapa aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
¡ Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan
sehari-hari.
¡ Menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, badan,
tangan, dan kaki.
¡ Menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam.
¡ Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan
EYD yang tepat.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
15 menit
|
Inti
|
§
Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar Siti menyapu
di kamar dengan cermat.
§
Siswa mengamati gambar Siti menyapu di kamar (mengamati).
§
Siswa membaca teks “Tugasku di Pagi Hari” (mengamati).
§
Siswa memperhatikan gambar Siti melakukan beberapa gerakan
(mengamati).
§
Siswa menanya tentang gambar Siti menyapu di kamar (menanya).
§
Siswa menanya tentang tugas siswa di rumah (menanya).
§
Siswa menyebutkan kegiatan Siti di pagi hari.
§
Siswa bertanya kepada beberapa temannya tentang tugas temannya
di rumah setiap pagi dan menuliskan di kolom yang telah disediakan di buku
siswa (menanya).
§
Siswa menyebutkan beberapa aturan yang berlaku berkaitan
dengan tugas teman dalam kehidupan seharihari di rumah (mengasosiasi).
§
Siswa menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah (mengomunikasikan).
§
Guru membimbing siswa untuk mempraktikkan beberapa tugas
yang dilakukan di rumah ke depan kelas secara bergantian dengan percaya diri.
§
Siswa mempraktikkan beberapa tugas yang dilakukan di
rumah ke depan kelas secara bergantian (mengomunikasikan).
§
Siswa mengingat kembali gerakan yang dilakukan dalam kehidupan
sehari-hari di rumah seperti gerakan setelah bangun tidur (mengasosiasi).
§
Siswa mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan
sehari-hari (mengasosiasi).
§
Guru membimbing siswa untuk menirukan gerakan bermain
melalui gerakan kepala dengan disiplin.
§
Siswa menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa menirukan gerakan bermain melalui gerakan badan (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa menirukan gerakan bermain melalui gerakan tangan (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa menirukan gerakan bermain melalui gerakan kaki (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa berperilaku sesuai dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah (mengumpulkan informasi).
§
Siswa menulis yang dirasakannya ketika bangun tidur setelah
melakukan gerakan kepala, badan, tangan, dan kaki (mengomunikasikan).
§
Siswa menulis perbedaan antara melakukan gerakan sesudah
bangun tidur dengan tidak melakukan gerakan (mengasosiasi).
§
Siswa menyebutkan kegiatan sehari-hari yang dihubungkan dengan
satuan waktu (mengomunikasikan).
§
Siswa memperhatikan gambar jam analog (mengamati).
§
Siswa menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam
(mengumpulkan informasi).
§
Siswa mengidentifikasi berbagai kegiatan anggota keluarga
pada waktu tertentu (mengumpulkan informasi).
§
Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan
EYD yang tepat (mengomunikasikan).
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari Kelas 2
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Gambar Siti menyapu kamar.
¡ Tabel wawancara tugas teman di rumah.
¡ Gambar Siti melakukan gerakan.
¡ Jam analog dan gambar jam.
¡ Gambar kegiatan Siti di rumah.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Prosedur
Penilaian
¡
Penilain
Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen
Penilaian
¡
Penilaian
Proses
- Penilaian Kinerja.
- Penilaian Produk.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
- Pilihan ganda.
- Isian singkat.
- Esai atau uraian.
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi
yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang
melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar