RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 3 : Tugasku
Sebagai Umat Beragama
Pembelajaran Ke : 2
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
PPKn
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di
sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap
beberapa simbol sila Pancasila.
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada
kehidupan sehari-hari dilingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang
berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu,
panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
PJOK
3.10 Mengetahui apa yang dilakukan dan
dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.10 Menceritakan tentang apa yang dilakukan
dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.1
Menceritakan berbagai jenis kegiatan di
lingkungan sekitar.
4.2.3
Membacakan cerita narasi yang telah
ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
PPKn
3.1.11 Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai
dengan makna simbol dari sila ke tiga Pancasila dalam lambang negara Garuda
Pancasila.
4.1.8 Berperilaku di sekolah sesuai makna simbol
dari sila ke tiga Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
Matematika
3.5.3
Menentukan lama suatu kegiatan
menggunakan satuan jam.
4.5.5
Membaca jam yang menyatakan waktu
tertentu.
3.5.6
Menuliskan waktu tertentu yang berkaitan
dengan jam.
PJOK
3.10.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan
sebelum melakukan aktivitas fisik.
3.10.3 Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum
melakukan aktivitas fisik.
3.10.5 Mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari sebelum
melakukan aktivitas fisik.
4.10.1 Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan
sebelum melakukan aktivitas fisik.
4.10.2 Menceritakan kegiatan yang perlu dihindari
sebelum melakukan aktivitas fisik.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan menanya, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di
sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari sila ketiga Pancasila dalam
lambang negara Garuda Pancasila dengan percaya diri.
¡ Dengan mengetahui contoh perilaku di sekolah yang sesuai
dengan makna simbol dari sila ketiga Pancasila, siswa dapat berperilaku di sekolah
sesuai makna simbol dari sila ketiga Pancasila dalam lambang negara Garuda
Pancasila.
¡ Dengan gerakan yang pernah dilakukan, siswa dapat
mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melakukan
aktivitas fisik dengan cermat.
¡ Dengan mengisi tabel, siswa dapat mengelompokkan kegiatan
yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik dengan disiplin.
¡ Dengan mengisi tabel, siswa dapat mengelompokkan kegiatan
yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik dengan disiplin.
¡ Dengan mengisi tabel, siswa dapat menceritakan berbagai
jenis kegiatan di lingkungan sekitar dengan percaya diri.
¡ Dengan mengisi tabel, siswa dapat menceritakan kegiatan
yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik dengan percaya diri.
¡ Dengan mengisi tabel, siswa dapat menceritakan kegiatan
yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik dengan percaya diri.
¡ Dengan membuat kesimpulan, siswa dapat menuliskan kegiatan
yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik dengan percaya diri.
¡ Dengan membuat kesimpulan, siswa dapat menuliskan kegiatan
yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik dengan percaya diri.
¡ Dengan media teks singkat, siswa dapat menentukan lama
suatu kegiatan menggunakan satuan jam dengan cermat.
¡ Dengan mengamati gambar jam analog, siswa dapat membaca jam
yang menyatakan waktu tertentu dengan cermat.
¡ Dengan kolom jam dua puluh empat pada tabel, siswa dapat
menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan periode pukul dua belas dengan
disiplin.
¡ Dengan catatan belajar kelompok, siswa dapat membacakan
cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas dengan
percaya diri.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Menyimpulkan persamaan dan perbedaan antara gerakan
pemanasan dengan pendinginan serta manfaatnya.
¡ Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal
dan intonasi yang jelas
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
15 menit
|
Inti
|
§
Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar permainan
gobak sodor dengan cermat.
§
Siswa mengamati gambar permainan gobak sodor (mengamati).
§
Siswa mengamati teks tentang permainan gobak sodor
(mengamati).
§
Guru memberikan pertanyaan menuntun dan membimbing dengan
arahan jawaban tentang aturan dalam permainan, yaitu:
-
Menentukan pasangan bermain terlebih dahulu.
-
Siswa bersuit antara mereka, yang menang bergabung dalam
satu kelompok, dan yang kalah bergabung dalam satu kelompok baru.
-
Kelompok yang kalah menjaga garis.
-
Kelompok yang menang harus melewati garis dan menghindari
lawan.
-
Pemenangnya adalah kelompok yang semua anggota kelompoknya
dapat melewati garis dan lawan sampai ujung serta dapat kembali ke tempat
semula.
§
Siswa menanya tentang teks permainan gobak sodor (menanya).
§
Siswa menanya tentang tugas siswa sebagai umat beragama
(menanya).
§
Siswa menanya tentang gerakan sebelum dan sesudah melakukan
aktivitas fisik (menanya).
§
Siswa menyebutkan tugas siswa sebagai umat beragama
(mengasosiasi).
§
Siswa menyebutkan gerakan sebelum dan sesudah melakukan
aktivitas fisik (mengasosiasi).
§
Siswa memperhatikan gambar gerakan pemanasan, permainan
gobak sodor, dan gerakan pendinginan (mengamati).
§
Siswa menuliskan gerakan yang diperbolehkan
(mengomunikasikan).
§
Siswa menuliskan gerakan yang tidak diperbolehan (mengomunikasikan).
§
• Guru
membimbing siswa untuk menceritakan tentang
§
kegiatan yang diperbolehkan sebelum bermain gobak
§
sodor dengan percaya diri.
§
• Siswa menceritakan tentang kegiatan yang diperbolehkan
§
sebelum bermain gobak sodor (mengomunikasikan).
§
• Siswa menceritakan kegiatan yang tidak diperbolehkan
§
sebelum bermain gobak sodor (mengomunikasikan).
§
• Siswa memperhatikan jam analog (mengamati).
§
• Siswa membaca jam yang menyatakan waktu tertentu
§
(mengasosiasi).
§
• Siswa menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan
§
periode pukul dua belasan (mengomunikasikan).
§
• Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan tentang
§
gerakan pemanasan dan pendinginan dengan disiplin.
§
• Siswa menyimpulkan tentang gerakan pemanasan dan
§
pendinginan (mengasosiasi).
§
• Siswa mengemukakan alasan tidak boleh bermain gobak
§
sodor tanpa persiapan dan pemanasan (mengasosiasi).
§
• Siswa membuka catatannya tentang belajar kelompok
§
(mengumpulkan informasi).
§
• Siswa membacakan cerita narasi yang telah ditulis
dengan
§
lafal dan intonasi yang jelas (mengomunikasikan).
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari Kelas 2
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Teks bacaan tentang permainan gobak sodor
¡ Tabel tentang berbagai gerakan
¡ Gambar jam analog
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Prosedur
Penilaian
¡
Penilain
Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen
Penilaian
¡
Penilaian
Proses
- Penilaian Kinerja.
- Penilaian Produk.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
- Pilihan ganda.
- Isian singkat.
- Esai atau uraian.
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi
yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang
melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar