RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 3 : Tugasku
Sebagai Umat Beragama
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain dilingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
PPKn
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di
sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap
beberapa simbol sila Pancasila.
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada
kehidupan sehari-hari dilingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang
berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu,
panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama
tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis
4.6 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda
birama empat
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.1
Mengidentifikasi berbagai kegiatan di
lingkungan sekitar.
3.2.2
Mencatat hal-hal pokok kegiatan dengan
topik tertentu.
4.2.1
Menulis cerita narasi sederhana tentang
kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar.
PPKn
3.1.1
Mengidentifikasi simbolsimbol sila
Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.1
Berperilaku di sekitar rumah sesuai
makna simbol dari sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
Matematika
3.5.2
Menentukan lama suatu kegiatan
menggunakan satuan hari.
4.5.4
Mengomunikasikan cara menentukan waktu
(hari) jika waktu mulai kegiatan dan lama kegiatan sudah diketahui.
SBdP
3.2.1
Mengidentifikasi berbagai pola irama
lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.6.1
Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama
yang bervariasi.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi
berbagai kegiatan dilingkungan sekitar dengan cermat.
¡ Dengan menanya, siswa dapat mencatat hal-hal pokok kegiatan
mengerjakan tugas kelompok di rumah Dayu secara cermat.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat menjawab pertanyaan
berdasarkan teks bacaan tentang kegiatan mengerjakan tugas kelompok di rumah
Dayu dengan percaya diri.
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat membuat pertanyaan
berdasarkan teks bacaan tentang kegiatan mengerjakan tugas kelompok di rumah
Dayu dengan percaya diri.
¡ Dengan memperhatikan gambar lambang negara Garuda
Pancasila, siswa dapat menunjukkan simbol dari sila-sila Pancasila dalam
lambang negara Garuda Pancasila dengan percaya diri.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat mengisi tabel tentang
bunyi sila Pancasila sesuai simbol dengan percaya diri.
¡ Dengan teks bacaan tentang kegiatan mengerjakan tugas
kelompok di rumah Dayu, siswa dapat menunjukkan perilaku di sekitar rumah
sesuai makna simbol dari sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
dengan disiplin.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan lagu “Garuda
Pancasila” dengan pola irama yang bervariasi secara percaya diri.
¡ Dengan menyanyikan lagu “Garuda Pancasila”, siswa dapat
mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis
dengan cermat.
¡ Dengan memperhatikan gambar jam analog, siswa dapat
menentukan lama suatu kegiatan menggunakan satuan hari dengan cermat.
¡ Dengan memperhatikan keterangan gambar jam, siswa dapat
melengkapi tabel dengan percaya diri.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat menemukan cara mengubah
tanda waktu pada periode pukul 24 ke periode pukul 12 dengan cermat.
¡ Dengan bimbingan guru berdasarkan waktu dengan satuan jam,
siswa dapat mengomunikasikan cara menentukan waktu (hari) jika waktu mulai
kegiatan dan lama kegiatan sudah diketahui dengan percaya diri.
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat menulis cerita narasi
sederhana tentang kerja kelompok yang dilakukan di rumah Dayu dengan menggunakan
EYD secara cermat dengan disiplin.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Menyanyikan lagu “Garuda Pancasila”.
¡ Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan
sekitar dengan EYD yang benar.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
15 menit
|
Inti
|
§
Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar tentang Edo
dan kawan-kawan mengerjakan tugas kelompok di rumah Edo dengan cermat.
§
Siswa mengamati gambar tentang Edo dan kawan-kawan mengerjakan
tugas kelompok di rumah Edo (mengamati).
§
Siswa mengamati teks “Mengerjakan Tugas Kelompok” (mengamati)
§
Siswa menanya tentang teks “Mengerjakan Tugas Kelompok”
(menanya).
§
Siswa mencatat hal-hal pokok kegiatan mengerjakan tugas kelompok
di rumah Dayu (mengumpulkan informasi).
§
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan tentang
kegiatan mengerjakan tugas kelompok di rumah Dayu (mengasosiasi).
§
Siswa memperhatikan gambar lambang negara Garuda Pancasila
(memahami).
§
Siswa menunjukkan simbol masing-masing sila Pancasila (mengasosiasi).
§
Siswa ditugaskan mengisi tabel tentang bunyi sila
Pancasila sesuai simbol ( mengasosiasi).
§
Siswa mencobakan perilaku di sekitar rumah sesuai makna
simbol dari sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila berdasarkan
teks bacaan tentang kegiatan mengerjakan tugas kelompok di rumah Dayu (mengumpulkan
informasi).
§
Guru membimbing siswa untuk menyanyikan lagu “Garuda Pancasila”
dengan percaya diri.
§
Siswa menyanyikan lagu “Garuda Pancasila” (mengumpulkan
informasi).
§
Siswa mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan
alat musik ritmis (mengumpulkan informasi).
§
Siswa membaca teks perubahan waktu (mengamati).
§
Siswa memperhatikan jam analog (mengamati).
§
Siswa menentukan lama suatu kegiatan menggunakan satuan
jam (mengasosiasi).
§
Siswa melengkapi tabel berdasarkan keterangan gambar jam
(mengasosiasi).
§
Siswa menemukan cara mengubah tanda waktu pada periode
pukul 24 ke periode pukul 12 (mengasosiasi).
§
Siswa mengomunikasikan cara menentukan waktu (hari) (mengomunikasikan).
§
Membimbing siswa untuk menulis cerita narasi sederhana tentang
kerja kelompok yang dilakukan di rumah Dayu dengan EYD yang benar dengan
disiplin (mengumpulkan informasi).
§
Siswa menulis cerita narasi sederhana tentang kerja kelompok
yang dilakukan di rumah Dayu dengan EYD yang benar (mengumpulkan informasi).
|
180 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari Kelas 2
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Teks bacaan tentang berbagai kegiatan di lingkungan
sekitar.
¡ Gambar lambang negara Garuda Pancasila.
¡ Gambar simbol masing-masing sila Pancasila.
¡ Gambar jam analog.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Prosedur
Penilaian
¡
Penilain
Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen
Penilaian
¡
Penilaian
Proses
- Penilaian Kinerja.
- Penilaian Produk.
¡
Penilaian
Hasil Belajar
- Pilihan ganda.
- Isian singkat.
- Esai atau uraian.
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi
yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang
melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar