Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 3 (Tugasku Sehari-Hari) Sub Tema 3 (Tugasku Sebagai Umat Beragama) Pembelajaran 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 3                            :     Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 3                   :     Tugasku Sebagai Umat Beragama
Pembelajaran Ke          :     1
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain dilingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

PPKn
3.1    Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.

Matematika
3.5    Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari dilingkungan sekitar.
4.5    Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.

SBdP
3.2    Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis
4.6    Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama empat

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
3.2.1   Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
3.2.2   Mencatat hal-hal pokok kegiatan dengan topik tertentu.
4.2.1   Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar.

PPKn
3.1.1   Mengidentifikasi simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.1   Berperilaku di sekitar rumah sesuai makna simbol dari sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila

Matematika
3.5.2   Menentukan lama suatu kegiatan menggunakan satuan hari.
4.5.4   Mengomunikasikan cara menentukan waktu (hari) jika waktu mulai kegiatan dan lama kegiatan sudah diketahui.

SBdP
3.2.1   Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.6.1   Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan dilingkungan sekitar dengan cermat.
¡  Dengan menanya, siswa dapat mencatat hal-hal pokok kegiatan mengerjakan tugas kelompok di rumah Dayu secara cermat.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan tentang kegiatan mengerjakan tugas kelompok di rumah Dayu dengan percaya diri.
¡  Dengan penugasan guru, siswa dapat membuat pertanyaan berdasarkan teks bacaan tentang kegiatan mengerjakan tugas kelompok di rumah Dayu dengan percaya diri.
¡  Dengan memperhatikan gambar lambang negara Garuda Pancasila, siswa dapat menunjukkan simbol dari sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila dengan percaya diri.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat mengisi tabel tentang bunyi sila Pancasila sesuai simbol dengan percaya diri.
¡  Dengan teks bacaan tentang kegiatan mengerjakan tugas kelompok di rumah Dayu, siswa dapat menunjukkan perilaku di sekitar rumah sesuai makna simbol dari sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila dengan disiplin.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan lagu “Garuda Pancasila” dengan pola irama yang bervariasi secara percaya diri.
¡  Dengan menyanyikan lagu “Garuda Pancasila”, siswa dapat mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis dengan cermat.
¡  Dengan memperhatikan gambar jam analog, siswa dapat menentukan lama suatu kegiatan menggunakan satuan hari dengan cermat.
¡  Dengan memperhatikan keterangan gambar jam, siswa dapat melengkapi tabel dengan percaya diri.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat menemukan cara mengubah tanda waktu pada periode pukul 24 ke periode pukul 12 dengan cermat.
¡  Dengan bimbingan guru berdasarkan waktu dengan satuan jam, siswa dapat mengomunikasikan cara menentukan waktu (hari) jika waktu mulai kegiatan dan lama kegiatan sudah diketahui dengan percaya diri.
¡  Dengan penugasan guru, siswa dapat menulis cerita narasi sederhana tentang kerja kelompok yang dilakukan di rumah Dayu dengan menggunakan EYD secara cermat dengan disiplin.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Menyanyikan lagu “Garuda Pancasila”.
¡  Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar.

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

15 menit
Inti
§  Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar tentang Edo dan kawan-kawan mengerjakan tugas kelompok di rumah Edo dengan cermat.
§  Siswa mengamati gambar tentang Edo dan kawan-kawan mengerjakan tugas kelompok di rumah Edo (mengamati).
§  Siswa mengamati teks “Mengerjakan Tugas Kelompok” (mengamati)
§  Siswa menanya tentang teks “Mengerjakan Tugas Kelompok” (menanya).
§  Siswa mencatat hal-hal pokok kegiatan mengerjakan tugas kelompok di rumah Dayu (mengumpulkan informasi).
§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan tentang kegiatan mengerjakan tugas kelompok di rumah Dayu (mengasosiasi).
§  Siswa memperhatikan gambar lambang negara Garuda Pancasila (memahami).
§  Siswa menunjukkan simbol masing-masing sila Pancasila (mengasosiasi).
§  Siswa ditugaskan mengisi tabel tentang bunyi sila Pancasila sesuai simbol ( mengasosiasi).
§  Siswa mencobakan perilaku di sekitar rumah sesuai makna simbol dari sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila berdasarkan teks bacaan tentang kegiatan mengerjakan tugas kelompok di rumah Dayu (mengumpulkan informasi).
§  Guru membimbing siswa untuk menyanyikan lagu “Garuda Pancasila” dengan percaya diri.
§  Siswa menyanyikan lagu “Garuda Pancasila” (mengumpulkan informasi).
§  Siswa mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis (mengumpulkan informasi).
§  Siswa membaca teks perubahan waktu (mengamati).
§  Siswa memperhatikan jam analog (mengamati).
§  Siswa menentukan lama suatu kegiatan menggunakan satuan jam (mengasosiasi).
§  Siswa melengkapi tabel berdasarkan keterangan gambar jam (mengasosiasi).
§  Siswa menemukan cara mengubah tanda waktu pada periode pukul 24 ke periode pukul 12 (mengasosiasi).
§  Siswa mengomunikasikan cara menentukan waktu (hari) (mengomunikasikan).
§  Membimbing siswa untuk menulis cerita narasi sederhana tentang kerja kelompok yang dilakukan di rumah Dayu dengan EYD yang benar dengan disiplin (mengumpulkan informasi).
§  Siswa menulis cerita narasi sederhana tentang kerja kelompok yang dilakukan di rumah Dayu dengan EYD yang benar (mengumpulkan informasi).

180 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari  Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Teks bacaan tentang berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
¡  Gambar lambang negara Garuda Pancasila.
¡  Gambar simbol masing-masing sila Pancasila.
¡  Gambar jam analog.

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Prosedur Penilaian
¡  Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
¡  Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

2.   Instrumen Penilaian
¡  Penilaian Proses
-       Penilaian Kinerja.
-       Penilaian Produk.
¡  Penilaian Hasil Belajar
-       Pilihan ganda.
-       Isian singkat.
-       Esai atau uraian.

Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.




Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar