RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 3 : Hidup
Rukun di Sekolah
PembelajaranKe : 3
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (5x35 Menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
SBdP
3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang
dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan .
4.13 Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda
dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat,
menggunting dan menempel.
Bahasa
Indonesia
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes (kubus satuan), pengelompokkan benda-benda di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
SBdP
3.4.2
Menjelaskan cara mengolah bahan alam di
lingkungan sekitar yang dapat digunakan sebagai karya kreatif.
4.13.1
Membuat karya kreatif sebagai penghias
benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan
melipat dan menggunting.
Bahasa
Indonesia
3.5.9
Mengelompokkan contoh sikap hidup rukun
dalam kemajemukkan teman.
4.5.7
Menceritakan peran permintaan maaf
terhadap sikap rukun dalam kemajemukkan teman.
Matematika
3.1.6
Membandingkan dua kumpulan benda melalui
istilah lebih banyak, lebih sedikit dan sama banyak.
3.1.7
Mengurutkan bilangan sampai 500
4.1.4
Menuliskan beberapa deret bilangan
dengan pola tertentu.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan bimbingan guru, siswa mengamati media gambar
siswa membersihkan kelas dengan teliti.
¡ Dengan mengamati media gambar, siswa dapat membaca teks
pada buku dengan teliti.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan akibat bila
pekerjaan tidak dilakukan secara bersama-sama dengan santun dan percaya diri.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat menceritakan
penda-patnya tentang peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam
kemajemukkan teman dengan santun dan percaya diri.
¡ Dengan mengamati media gambar, siswa dapat
memban-dingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit
dan sama banyak dengan teliti.
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat mengurutkan bilang-an
sampai 500 dengan teliti.
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat menuliskan beberapa
bilangan baris bilangan yang ditentukan menggunakan bilangan-bilangan yang
kurang dari 100 dengan teliti.
¡ Dengan mengamati media gambar, siswa dapat
mengelom-pokkan contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukkan teman dengan
teliti.
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat membuat kalimat
berdasarkan gambar dengan tulisan tegak bersambung dengan cermat dan percaya
diri.
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat menjelaskan cara
mengolah bahan alam di lingkungan sekitar yang dapat digunakan sebagai karya
kreatif dengan teliti dan percaya diri.
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat membuat karya kreatif
sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar
melalui kegiatan melipat dan menggunting dengan teliti.
E. MATERIPEMBELAJARAN
¡ Menceritakan pendapatnya tentang peran permintaan maaf
terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukkan teman.
¡ Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih
banyak, lebih sedikit dan sama banyak.
¡ Mengurutkan bilangan sampai 500.
¡ Menuliskan beberapa bilangan baris bilangan yang ditentukan
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
¡ Mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukkan
teman.
¡ Membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan
menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat dan
menggunting.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Hidup Rukun”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Guru membimbing siswa untuk mengamati media gambar pada
buku dengan teliti (mengamati).
§ Siswa mengamati media gambar pada buku (mengamati).
§ Siswa membaca teks pada buku (mencoba).
§ Siswa melakukan tanya jawab menyebutkan akibat bila
pekerjaan tidak dilakukan secara bersama-sama (menanya).
§ Siswa menceritakan pendapatnya tentang peran permintaan
maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukkan teman (mengomunikasikan).
§ Guru membimbing siswa berlatih membadingkan dua kumpulan
benda dengan teliti.
§ Siswa mengamati media gambar membandingkan dua kumpulan
benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit dan sama banyak
(mengamati).
§ Siswa membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah
lebih banyak, lebih sedikit dan sama banyak (menalar).
§ Siswa mengurutkan bilangan sampai 500 (mencoba).
§ Siswa menuliskan beberapa bilangan baris bilangan yang
ditentukan menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100 (mencoba).
§ Guru membimbing siswa untuk membuat kalimat berdasarkan
gambar dengan tulisan tegak bersambung dengan santun.
§ Siswa mengamati media gambar mengelompokkan con-toh sikap
hidup rukun dalam kemajemukkan teman (mengamati).
§ Siswa mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dalam
§ kemajemukkan teman (mencoba).
§ Siswa membuat kalimat berdasarkan gambar dengan tulisan
tegak bersambung (mencoba).
§ Guru membimbing siswa untuk membuat karya kreatif sebagai
penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui
kegiatan melipat dan menggunting dengan percaya diri.
§ Siswa menjelaskan cara mengolah bahan alam di lingkungan
sekitar yang dapat digunakan sebagai karya kreatif (menalar).
§ Siswa membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan
menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat dan
menggunting (mencoba).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Gambar semua anak membersihkan kelas.
¡ Gambar untuk membandingkan kumpulan benda lebih banyak,
lebih sedikit, dan sama banyak.
¡ Gambar ketua kelas memimpin pembagian tugas kelas di papan
tulis.
¡ Daun pisang atau daun kelapa
¡ Gunting, stepler, dan benang kasur.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
Penilaian : Penskoran
a. Menetukan pola bilangan pada baris bilangan
Instrumen: Tes tertulis
Banyak soal : 2 buah (skor 100)
Kunci jawaban
1. 36 44 46 54 56
+8+2+8+2
2. 72 74 82 82 84
+2+8+2+8
b. Mengurutkan bilangan-bilangan dari terbesar
hingga terkecil.
Instrumen : Tes tertulis
Banyak soal : 2 buah (skor 100)
Kunci jawaban :
1. 289 279 278 267 256
2. 267 256 178 165 165
c. Membuat kalimat berdasarkan contoh sikap
hidup rukun dalam kemajemukkan teman.
Instrumen : Tes tertulis
Banyak soal : 2 buah (skor 100)
Kunci jawaban :
Jawaban disesuaikan dengan pendapat siswa
3. Penilaian
Keterampilan
a. Menulis Narasi
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Narasi
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kesesuaian isi dengan judul atau
tema
|
Seluruh isi karangan sesuai judul
atau tema
|
Setengah atau lebih isi karangan
sesuai judul atau tema
|
Kurang dari setengah isi karangan
sesuai judul atau tema
|
Seluruh isi karangan belum
sesuai
|
2.
|
Jumlah kata yang digunakan
|
50 atau lebih kata
|
35 sampai 49 kata
|
15 sampai 34 kata
|
kurang dari 15 kata
|
3.
|
Tulisan yang digunakan
|
Menggunakan tulisan tegak
bersambung yang halus dan indah
|
Menggunakan tulisan tegak
bersambung yang halus tapi kurang indah
|
Menggunakan tulisan tegak
bersambung yang kasar tapi indah
|
Tidak menggunakan tulisan tegak
bersambung
|
b. Menceritakan Peran Permintaan Maaf terhadap
Sikap Rukun dalam Kemajemukkan Teman.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menceritakan Peran
Permintaan Maaf terhadap Sikap Rukun dalam Kemajemukkan Teman.
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan dalam menyesuaikan
cerita de-ngan gambar
|
Siswa bercerita sesuai dengan
gambar secara lancar
|
Setengah bagian cerita
disampaikan sesuai gambar dengan lancar
|
Kurang dari setengah bagian
cerita disampaikan sesuai gambar dengan lancar
|
Belum mampu bercerita sesuai
gambar dengan lancar
|
2.
|
Volume suara.
|
Terdengar sampai seluruh ruang
kelas
|
Terdengar sampai setengah
ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan
ruang kelas
|
Suara sangat pelan atau tidak
terdengar
|
c. Membuat Karya Kreatif Sebagai Penghias Benda
dengan Kegiatan Melipat dan Menggunting
Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Membuat Karya Kreatif
sebagai Penghias Benda dengan Kegiatan Melipat dan Menggunting
Rubrik
menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kreativitas
|
Hasil prakarya menghasilkan 4
bentuk lipatan penghias benda
|
Hasil prakarya menghasilkan 3
bentuk lipatan penghias benda
|
Hasil prakarya menghasilkan 2
bentuk lipatan penghias benda
|
Hasil prakarya menghasilkan 1
bentuk lipatan penghias benda
|
2.
|
Kerapian dalam bekerja
|
Sesuai dengan bentuk pola,
tidak terdapat robekan dalam melipat, rapi saat menggunting dan hasil karya terlihat
bagus
|
Sesuai dengan bentuk pola,
tidak terdapat robekan dalam melipat, rapi saat menggunting, namun hasil
karya terlihat kurang bagus
|
Sesuai dengan bentuk pola,
namun terdapat robekan dalam melipat, kurang rapi saat menggunting, hasil
karya terlihat kurang bagus
|
Kurang sesuai dengan bentuk
pola, terdapat robekan dalam melipat dan menggunting. Hasil karya terlihat
kurang bagus
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar