RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 1 : Hidup
Rukun di Rumah
PembelajaranKe : 5
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (5x35 Menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
PJOK
3.2 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak
dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
permainan tradisional.
4.2 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar
non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau permainan tradisional.
Bahasa
Indonesia
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah.
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
PJOK
3.2.1
Mengidentifikasi gerakan variasi pola
gerak dasar non-lokomotordalam bentuk permainan sederhana.
4.2.1
Melakukan gerakan variasi pola gerak
dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana.
Bahasa
Indonesia
3.5.4
Menjelaskan makna hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga.
4.5.3
Menemukan peran permintaan maaf terhadap
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
PPKn
3.3.3
Mennjelaskan keberagaman anggota
keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
4.3.3
Menceritakan kerja sama dalam
melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan mengamati gambar tentang berbagai gerakan
aktivitas jasmani, siswa dapat mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak
dasar nonlokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan teliti.
¡ Dengan “Permainan Sutradara”, siswa dapat melakukan
gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana
dengan percaya diri.
¡ Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan peran
permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan
teliti.
¡ Dengan membaca teks percakapan dan tanya jawab, siswa dapat
menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
dengan percaya diri.
¡ Dengan tanya jawab dan penugasan, siswa dapat menyebutkan
cara menjaga sikap kerukunan dalam keberagaman dengan bahasa yang santun.
¡ Dengan penugasan dan diskusi, siswa dapat menceritakan
kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter
dengan percaya diri.
¡ Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menjelaskan
keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan
percaya diri.
E. MATERIPEMBELAJARAN
¡ Melakukan variasi berbagai gerakan aktivitas jasmani.
¡ Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun.
¡ Menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan
sifat-sifat yang dimiliki.
¡ Menyebutkan cara menjaga sikap kerukunan dalam keberagaman.
¡ Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan
keluarga yang berbeda sifat/karakter.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Hidup Rukun”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa mengamati gambar berbagai
gerakan aktivitas jasmani berupa gerakan nonlokomotor berupa gerakan jalan di
tempat, mengayunkan kaki, memutar lengan, menarik dan mendorong, meliukan
badan seperti pohon ditiup angin, dan belalai gajah dengan teliti
(mengamati).
§ Siswa mendeskripsikan gambar yang
diamati. (mengomunikasikan).
§ Siswa menjelaskan setiap gerakan
yang ada pada gambar yang diamati (mengomunikasikan).
§ Siswa memeragakan setiap gerakan
berdasarkan gambar melalui “Permainan Sutradara” dengan teliti (mencoba).
§ Siswa mengamati percakapan Mutiara dan Udin. (mengamati).
§ Siswa membaca teks percakapan yang
telah diamati (mengamati).
§ Siswa melanjutkan membuat dua dialog
lagi dari percakapan yang telah dibaca (menalar).
§ Siswa membacakan percakapan yang telah dibuat
(mengomunikasikan).
§ Siswa bermain peran dengan
memeragakan teks percakapan tentang permintaan maaf (mencoba).
§ Siswa menunjukkan peran permintaan maaf dari teks
percakapan yang telah diperagakan (mengomunikasikan).
§ Siswa dibimbing membuat kartu tanya jawab dari karton. Kartu tersebut akan digunakan untuk
menulis pertanyaan dan jawaban siswa dari kegiatan menanya yang akan
dilakukan (mencoba).
§ Siswa menuliskan pertanyaan kepada teman tentang
perbedaan pendapat pada kartu yang telah dibuat. (mengomunikasikan).
§ Siswa saling menukarkan kartu pertanyaan yang telah
ditulis.
§ Siswa menulis jawaban dari pertanyaan yang terdapat pada
kartu (mengomunikasikan).
§ Siswa menuliskan penyelesaian perbedaan pendapat dalam
keluarga dari kegiatan bertanya yang telah dilakukan (menalar).
§ Siswa menyimpulkan teks percakapan bermain peran dengan
menjawab beberapa pertanyaan (mengkomunikasikan).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Gambar berbagai gerakan aktivitas jasmani gerak
nonloko-motor.
¡ Teks bermain peran.
¡ Kartu tanya jawab.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
Menjawab pertanyaan dari teks
percakapan bermain peran
Jumlah Soal: 5
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20
Kunci jawaban :
1. Udin dan Mutiara.
2. Udin.
3. Mutiara.
4. Karena telah berbicara keras kepada kakak.
5. Saling mengalah.
3. Ketrampilan
a. Menirukan berbagai gerakan non lokomotor
berdasarkan permainan sutradara
Penilaian: observasi (pengamatan)
Lembar pengamatan menirukan
berbagai gerakan nonlokomotor Berdasarkan permainan sutradara
No.
|
Kriteria
|
Terlihat ( P)
|
Belum Terlihat (P )
|
1.
|
Siswa mampu melakukan gerak jalan
di tempat.
|
|
|
2.
|
Siswa mampu melakukan gerak
mengayunkan kaki.
|
|
|
3.
|
Siswa mampu melakukan gerak
memutar lengan.
|
|
|
4.
|
Siswa melakukan gerak menarik dan
mendorong tangan.
|
|
|
5.
|
Siswa melakukan gerak meliukkan
badan seperti pohon yang ditiup.
|
|
|
6.
|
Siswa melakukan gerak belalai
gajah.
|
|
|
Hasil pengamatan menirukan
berbagai gerakan non lokomotor berdasarkan permainan sutradara
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Bermain peran
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian bermain
peran
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Ekspresi
|
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara
konsisten.
|
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun
kurang konsisten.
|
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dengan dialog.
|
Monoton, tanpa ekspresi.
|
2.
|
Lafal
|
Dialog dilafalkan dengan tepat dan jelas.
|
Ada 1-2 kata yang kurang tepat
pelafalannya.
|
Lebih dari 2 kata belum tepat
pelafalannya.
|
Hampir semua kata belum tepat pelafalannya.
|
3.
|
Intonasi
|
Intonasi sesuai dengan dialog secara konsisten.
|
Intonasi sesuai dengan dialog namun kurang konsisten.
|
Intonasi tidak sesuai dengan dialog.
|
Tanpa intonasi.
|
4.
|
Volume Suara
|
Volume suara keras dan jelas.
|
Volume suara jelas.
|
Volume suara kurang jelas.
|
Suara sangat pelan dan tidak jelas.
|
c. Menulis pertanyaan pada kartu tanya jawab
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menulis pertanyaan pada kartu tanya jawab
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Penggunaan huruf besar, dan
tanda baca.
|
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang,
serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
|
Terdapat 1kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan
tanda titik.
|
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf
besar dan tanda titik.
|
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan
tanda titik.
|
2.
|
Kefektifan dan kesesuaian
kalimat tanya yang ditulis dengan tema.
|
Kalimat tanya sudah efektif
dan sesuai dengan tema.
|
Kalimat tanya telah sesuai
dengan tema, namun kurang efektif.
|
Kalimat tanya kurang sesuai
dengan tema dan kurang efektif.
|
Kalimat tanya belum efektif
dan tidak sesuai dengan tema.
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai
kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang
melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar