Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 1(Hidup Rukun) Sub Tema 4 (Hidup Rukun di Masyarakat) Pembelajaran 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Hidup Rukun
Sub Tema 4                   :     Hidup Rukun di Masyarakat
PembelajaranKe           :     1
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (5x35 Menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
3.4    Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.4    Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.

Bahasa Indonesia
3.5    Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5    Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

SBdP
3.1    Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa.
4.1    Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.

Matematika
3.1    Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1    Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
3.4.6   Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam keragaman kegemaran/hobi.
4.4.13 Berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat/karakter.

Bahasa Indonesia
3.5.7   Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.4   Membaca teks pemintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.

SBdP
3.1.1   Megidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa.
4.1.1   Menggambar bermacam-macam garis.
4.1.2   Menggambar ekspresi dengan mengolah garis.
4.1.3   Mewarnai gambar ekspresi.

Matematika
3.1.7   Mengurutkan bilangan sampai 500.
3.1.8   Membilang loncat.
4.1.1   Menentukan pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan mendengarkan bacaan “Membuang Sampah di Tempat Sampah”, siswa mengenal kalimat permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan percaya diri.
¡  Dengan membaca teks bacaan “Membuang Sampah di Tempat Sampah”, siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti.
¡  Dengan memperhatikan gambar pembagian kelompok gotong royong, siswa dapat membilang loncat dengan teliti.
¡  Dengan mengamati angka yang terdapat dalam gambar pembagian kelompok gotong royong, siswa dapat mengurutkan bilangan sampai 500 dengan teliti.
¡  Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
¡  Dengan mengurutkan gambar acak, siswa dapat berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat (karakter) dengan santun.
¡  Dengan menggunakan alat tulis, siswa dapat menggambar bermacam-macam garis dengan teliti.
¡  Dengan menggambar bermacam-macam garis, siswa dapat menggambar ekspresi dengan mengolah garis secara teliti.
¡  Dengan menulis cerita tentang pengalaman, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam keragaman kegemaran/hobi dengan santun.
¡  Dengan menggambar ekspresi berdasarkan olahan garis, siswa dapat mewarnai gambar ekspresi dengan teliti.
¡  Dengan mengamati gambar ekspresi, siswa dapat mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa dengan teliti.

E.     MATERIPEMBELAJARAN
¡  Teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
¡  Membilang loncat.
¡  Mengurutkan bilangan sampai 500.
¡  Berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat (karakter).
¡  Gambar bermacam-macam garis.
¡  Menggambar ekspresi dengan mengolah garis.
¡  Mewarnai gambar ekspresi.
¡  Bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa.

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Hidup Rukun”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar lingkungan perumahan yang kotor dengan teliti (mengamati).
§  Siswa mengamati gambar lingkungan perumahan yang kotor (mengamati).
§  Siswa mengamati gambar warga yang bergotong royong membersihkan lingkungan (mengamati).
§  Siswa menanya tentang gambar lingkungan perumahan yang kotor (menanya).
§  Siswa menanya tentang gambar warga yang bergotong royong membersihkan lingkungan (menanya).
§  Siswa menceritakan tentang gambar lingkungan perumahan yang kotor (mengomunikasikan).
§  Siswa boleh menggunakan bahasa daerahnya.
§  Guru membimbing siswa untuk mendengarkan teks “Membuang Sampah di Tempat Sampah” yang dibacakan guru dengan percaya diri (mencoba).
§  Siswa mendengarkan guru membacakan teks “Membuang Sampah di Tempat Sampah” (mencoba).
§  Siswa membaca lancar teks “Membuang Sampah di Tempat Sampah” (mencoba).
§  Siswa membuat kalimat permohonan maaf sesuai teks bacaan “Membuang Sampah di Tempat Sampah” (mencoba).
§  Siswa mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman (menalar).
§  Siswa memperhatikan gambar berangka pembagian kelompok gotong royong (mengamati).
§  Siswa memperhatikan angka yang ada pada gambar (mengamati).
§  Siswa menyebutkan angka yang ada pada gambar secara berurutan yaitu bilangan loncat 2 (menalar).
§  Siswa mengerjakan latihan dengan mengisi bilangan yang hilang dari urutan yang sudah ditentukan pada garis bilangan (mencoba).
§  Siswa mengurutkan bilangan sampai 500 (menalar).
§  Siswa mengurutkan bilangan dari yang terbesar sampai yang terkecil (menalar).
§  Siswa memperhatikan garis bilangan yang terdapat pada Buku Siswa (mengamati).
§  Siswa menentukan bilangan loncat (menalar).
§  Siswa menuliskan bilangan yang hilang (mencoba).
§  Siswa menentukan pola bilangan pada baris bilangan (menalar).
§  Siswa memperhatikan gambar (mengamati).
§  Siswa membaca teks percakapan sederhana pada keterangan gambar (mencoba).
§  Siswa mengurutkan gambar (menalar).
§  Siswa berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat/karakter (mencoba).
§  Guru membimbing siswa untuk bercerita di depan kelas dengan bahasa yang santun.
§  Siswa mengingat pengalaman yang pernah dialami (mengamati).
§  Siswa membaca pertanyaan yang bisa memandu bercerita dengan urut (mencoba).
§  Siswa menjawab pertanyaan yang bisa memandu bercerita dengan urut (menalar).
§  Siswa menulis cerita yang dibuatnya (mencoba).
§  Siswa bercerita di depan kelas (mengomunikasikan).
§  Guru membimbing siswa untuk menggambar ekspresi dengan mengolah garis dengan percaya diri.
§  Siswa mempersiapkan alat tulis dan buku gambar (mencoba).
§  Siswa menggambar bermacam-macam garis (mencoba).
§  Siswa menggambar ekspresi dengan mengolah garis (mencoba).
§  Siswa mewarnai gambar ekspresi (mencoba).
§  Siswa mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa (menalar).
§  Siswa bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami (menanya dan menalar).
§  Guru memberikan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa, misalnya dengan penghargaan secara verbal.
§  Siswa diarahkan menyimpulkan pelajaran (mengomunikasikan).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Gambar lingkungan perumahan yang kotor.
¡  Teks bacaan “Membuang Sampah di Tempat Sampah”.
¡  Gambar pembagian kelompok gotong royong.
¡  Gambar acak.
¡  Alat tulis.
¡  Buku gambar.

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5




























2.   Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (isian)
Tes Tertulis: Skor
1. Menentukan bilangan loncat.
2. Menulis bilangan yang hilang.
3. Menentukan pola deret bilangan .

Banyak Soal:
1. 2 soal
2. 2 soal
3. 2 soal

Kunci Jawaban:
Soal
1. Menentukan bilangan loncat
2. Menulis bilangan yang hilang
3. Menentukan pola bilangan
Jawaban
1. 111
2. 121
1. 59
2. 70, 75, 85
1. +1, +11, +1, +11
2. +3, +11, +2, +11


3.   Penilaian Keterampilan
a.   Penilaian: Unjuk Kerja
           
Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca Lancar
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Membaca Teks

Siswa mampu membaca keseluruhan teks

Siswa mampu membaca setengan atau lebih bagian teks
Siswa mampu membaca kurang dari setengah bagian teks
Siswa belum mampu membaca teks

2.
Pemahaman Isi teks

Mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan

Mampu menjawab setengah atau lebih pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks

Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan


b.   Penilaian: Pengamatan

Penilaian Menggambar Ekspresi dengan Mengolah Garis
No.
Kriteria
Terlihat ( P)
Belum Terlihat (P )
1.
Kemampuan menggambar bermacam-macam garis


2.
Kemampuan mengolah garis


3.
Mewarnai gambar ekspresi



Hasil Pengamatan Menggambar Ekspresi dengan Mengolah Garis
No
Nama Siswa
Kriteri 1
Kriteri 2
Kriteri 3
T
BT
T
BT
T
BT
1
Ekal






2
Aisy






3
Zidan






4
Oscar






...
.........







c.   Penilaian: Unjuk Kerja

Rubrik Penilaian Kemampuan Membuat Cerita tentang Kegiatan Bersama Teman di sekitar Rumah dalam Keragaman Kegemaran
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan membuat cerita

Mampu membuat cerita berkaitan dengan kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam keragaman kegemaran
Mampu sebagian besar membuat cerita berkaitan dengan kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam keragaman kegemaran
Mampu sebagian kecil membuat cerita berkaitan dengan kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam keragaman kegemaran
Belum mampu membuat cerita

2.
Kesesuaian panduan membuat cerita dengan isi cerita

Mampu membuat cerita sesuai dengan panduan
Mampu sebagian besar membuat cerita sesuai dengan panduan
Mampu sebagian kecil membuat cerita sesuai dengan panduan
Belum mampu membuat cerita sesuai dengan isi cerita



Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar