RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 4 : Hidup
Rukun di Masyarakat
PembelajaranKe : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
(5x35 Menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah dan sekolah.
4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam
keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
Bahasa
Indonesia
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
SBdP
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam
membuat karya seni rupa.
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis,
warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
3.4.6
Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan
bersama teman di sekitar rumah dalam keragaman kegemaran/hobi.
4.4.13 Berperilaku rukun dengan setiap teman di
sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat/karakter.
Bahasa
Indonesia
3.5.7
Mengidentifikasi contoh sikap hidup
rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.4
Membaca teks pemintaan maaf untuk
menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
SBdP
3.1.1
Megidentifikasi bahan-bahan dalam
membuat karya seni rupa.
4.1.1
Menggambar bermacam-macam garis.
4.1.2
Menggambar ekspresi dengan mengolah
garis.
4.1.3
Mewarnai gambar ekspresi.
Matematika
3.1.7
Mengurutkan bilangan sampai 500.
3.1.8
Membilang loncat.
4.1.1
Menentukan pola-pola bilangan sederhana
dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan mendengarkan bacaan “Membuang Sampah di Tempat
Sampah”, siswa mengenal kalimat permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun
dalam kemajemukan teman dengan percaya diri.
¡ Dengan membaca teks bacaan “Membuang Sampah di Tempat
Sampah”, siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan
teman dengan teliti.
¡ Dengan memperhatikan gambar pembagian kelompok gotong
royong, siswa dapat membilang loncat dengan teliti.
¡ Dengan mengamati angka yang terdapat dalam gambar
pembagian kelompok gotong royong, siswa dapat mengurutkan bilangan sampai 500
dengan teliti.
¡ Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat
menentukan pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari
100 dengan teliti.
¡ Dengan mengurutkan gambar acak, siswa dapat berperilaku
rukun dengan setiap teman di sekitar rumah yang berbeda jenis kelamin,
kegemaran, dan sifat (karakter) dengan santun.
¡ Dengan menggunakan alat tulis, siswa dapat menggambar
bermacam-macam garis dengan teliti.
¡ Dengan menggambar bermacam-macam garis, siswa dapat
menggambar ekspresi dengan mengolah garis secara teliti.
¡ Dengan menulis cerita tentang pengalaman, siswa dapat
menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam
keragaman kegemaran/hobi dengan santun.
¡ Dengan menggambar ekspresi berdasarkan olahan garis,
siswa dapat mewarnai gambar ekspresi dengan teliti.
¡ Dengan mengamati gambar ekspresi, siswa dapat
mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa dengan teliti.
E. MATERIPEMBELAJARAN
¡ Teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam
kemajemukan teman.
¡ Membilang loncat.
¡ Mengurutkan bilangan sampai 500.
¡ Berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar rumah
yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat (karakter).
¡ Gambar bermacam-macam garis.
¡ Menggambar ekspresi dengan mengolah garis.
¡ Mewarnai gambar ekspresi.
¡ Bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Hidup Rukun”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar lingkungan
perumahan yang kotor dengan teliti (mengamati).
§ Siswa mengamati gambar lingkungan perumahan yang kotor
(mengamati).
§ Siswa mengamati gambar warga yang bergotong royong
membersihkan lingkungan (mengamati).
§ Siswa menanya tentang gambar lingkungan perumahan yang
kotor (menanya).
§ Siswa menanya tentang gambar warga yang bergotong royong
membersihkan lingkungan (menanya).
§ Siswa menceritakan tentang gambar lingkungan perumahan
yang kotor (mengomunikasikan).
§ Siswa boleh menggunakan bahasa daerahnya.
§ Guru membimbing siswa untuk mendengarkan teks “Membuang
Sampah di Tempat Sampah” yang dibacakan guru dengan percaya diri (mencoba).
§ Siswa mendengarkan guru membacakan teks “Membuang Sampah
di Tempat Sampah” (mencoba).
§ Siswa membaca lancar teks “Membuang Sampah di Tempat
Sampah” (mencoba).
§ Siswa membuat kalimat permohonan maaf sesuai teks bacaan
“Membuang Sampah di Tempat Sampah” (mencoba).
§ Siswa mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam
kemajemukan teman (menalar).
§ Siswa memperhatikan gambar berangka pembagian kelompok
gotong royong (mengamati).
§ Siswa memperhatikan angka yang ada pada gambar
(mengamati).
§ Siswa menyebutkan angka yang ada pada gambar secara
berurutan yaitu bilangan loncat 2 (menalar).
§ Siswa mengerjakan latihan dengan mengisi bilangan yang
hilang dari urutan yang sudah ditentukan pada garis bilangan (mencoba).
§ Siswa mengurutkan bilangan sampai 500 (menalar).
§ Siswa mengurutkan bilangan dari yang terbesar sampai yang
terkecil (menalar).
§ Siswa memperhatikan garis bilangan yang terdapat pada
Buku Siswa (mengamati).
§ Siswa menentukan bilangan loncat (menalar).
§ Siswa menuliskan bilangan yang hilang (mencoba).
§ Siswa menentukan pola bilangan pada baris bilangan
(menalar).
§ Siswa memperhatikan gambar (mengamati).
§ Siswa membaca teks percakapan sederhana pada keterangan
gambar (mencoba).
§ Siswa mengurutkan gambar (menalar).
§ Siswa berperilaku rukun dengan setiap teman di sekitar
rumah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat/karakter (mencoba).
§ Guru membimbing siswa untuk bercerita di depan kelas
dengan bahasa yang santun.
§ Siswa mengingat pengalaman yang pernah dialami
(mengamati).
§ Siswa membaca pertanyaan yang bisa memandu bercerita
dengan urut (mencoba).
§ Siswa menjawab pertanyaan yang bisa memandu bercerita
dengan urut (menalar).
§ Siswa menulis cerita yang dibuatnya (mencoba).
§ Siswa bercerita di depan kelas (mengomunikasikan).
§ Guru membimbing siswa untuk menggambar ekspresi dengan
mengolah garis dengan percaya diri.
§ Siswa mempersiapkan alat tulis dan buku gambar (mencoba).
§ Siswa menggambar bermacam-macam garis (mencoba).
§ Siswa menggambar ekspresi dengan mengolah garis
(mencoba).
§ Siswa mewarnai gambar ekspresi (mencoba).
§ Siswa mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya
seni rupa (menalar).
§ Siswa bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami
(menanya dan menalar).
§ Guru memberikan penghargaan terhadap prestasi belajar
siswa, misalnya dengan penghargaan secara verbal.
§ Siswa diarahkan menyimpulkan pelajaran
(mengomunikasikan).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Gambar lingkungan perumahan yang kotor.
¡ Teks bacaan “Membuang Sampah di Tempat Sampah”.
¡ Gambar pembagian kelompok gotong royong.
¡ Gambar acak.
¡ Alat tulis.
¡ Buku gambar.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (isian)
Tes Tertulis: Skor
1. Menentukan bilangan loncat.
2. Menulis bilangan yang hilang.
3. Menentukan pola deret bilangan .
Banyak Soal:
1. 2 soal
2. 2 soal
3. 2 soal
Kunci Jawaban:
Soal
|
1. Menentukan bilangan loncat
|
2. Menulis bilangan yang hilang
|
3. Menentukan pola bilangan
|
Jawaban
|
1. 111
2. 121
|
1. 59
2. 70, 75, 85
|
1.
+1, +11, +1, +11
2. +3, +11, +2, +11
|
3. Penilaian
Keterampilan
a. Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca
Lancar
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Membaca Teks
|
Siswa mampu membaca keseluruhan
teks
|
Siswa mampu membaca setengan
atau lebih bagian teks
|
Siswa mampu membaca kurang dari
setengah bagian teks
|
Siswa belum mampu membaca teks
|
2.
|
Pemahaman Isi teks
|
Mampu menjawab semua pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu menjawab setengah atau
lebih pertanyaan yang diajukan
|
Mampu menjawab kurang dari
setengah bagian teks
|
Belum mampu menjawab semua
pertanyaan yang diajukan
|
b. Penilaian: Pengamatan
Penilaian Menggambar
Ekspresi dengan Mengolah Garis
No.
|
Kriteria
|
Terlihat ( P)
|
Belum Terlihat (P )
|
1.
|
Kemampuan menggambar bermacam-macam garis
|
|
|
2.
|
Kemampuan mengolah garis
|
|
|
3.
|
Mewarnai gambar ekspresi
|
|
|
Hasil Pengamatan
Menggambar Ekspresi dengan Mengolah Garis
No
|
Nama Siswa
|
Kriteri
1
|
Kriteri
2
|
Kriteri
3
|
|||
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
||
1
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Oscar
|
|
|
|
|
|
|
...
|
.........
|
|
|
|
|
|
|
c. Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan
Membuat Cerita tentang Kegiatan Bersama Teman di sekitar Rumah dalam Keragaman
Kegemaran
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan membuat cerita
|
Mampu membuat cerita berkaitan dengan kegiatan bersama
teman di sekitar rumah dalam keragaman kegemaran
|
Mampu sebagian besar membuat cerita berkaitan dengan
kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam keragaman kegemaran
|
Mampu sebagian kecil membuat cerita berkaitan dengan
kegiatan bersama teman di sekitar rumah dalam keragaman kegemaran
|
Belum mampu membuat cerita
|
2.
|
Kesesuaian panduan membuat cerita dengan isi cerita
|
Mampu membuat cerita sesuai dengan panduan
|
Mampu sebagian besar membuat cerita sesuai dengan panduan
|
Mampu sebagian kecil membuat cerita sesuai dengan panduan
|
Belum mampu membuat cerita sesuai dengan isi cerita
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar