RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 2 : Hidup
Rukun dengan Teman Bermain
PembelajaranKe : 6
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (5x35 Menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah.
SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama
tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.5 Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama
yang bervariasi
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.5.12
Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.10
Menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi
kemajemukan teman.
Matematika
3.3.9
Mengidentifikasi keberagaman teman
bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran.
3.3.11 Mengidentifkasi keberagaman teman bermain di
sekitar rumah berdasarkan suku bangsa.
4.3.8
Menerima keberagaman teman bermain di
sekitar rumah.
PPKn
3.3.9
Mengidentifikasi keberagaman teman
bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran.
3.3.11 Mengidentifkasi keberagaman teman bermain di
sekitar rumah berdasarkan suku bangsa.
4.3.8
Menerima keberagaman teman bermain di
sekitar rumah.
SBdP
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu
dengan menggunakan alat musik ritmis.
3.2.2
Menunjukkan pola irama lagu bertanda
birama tiga pada alat musik ritmis.
4.5.3
Menyanyikan lagu wajib dengan alat musik
ritmis.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan penugasan, siswa dapat menyanyikan lagu wajib
dengan alat musik ritmis dengan percaya diri
¡ Dengan menyanyikan beberapa lagu wajib nasional, siswa
dapat mengidentifikasi berbagai pola irama lagu menggunakan alat musik ritmis
dengan teliti.
¡ Dengan menyanyikan beberapa lagu wajib nasional, siswa
dapat menunjukkan pola birama tiga pada alat musik ritmis dengan percaya diri.
¡ Dengan membaca puisi, siswa dapat menjelaskan akibat
tidak hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan bahasa yang santun.
¡ Dengan penugasan, siswa dapat menerapkan permintaan maaf
demi menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan dengan percaya diri.
¡ Dengan mengisi tabel tentang keberagaman teman, siswa
dapat mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan
kegemaran dengan teliti.
¡ Dengan mengisi tabel tentang keberagaman teman, siswa
dapat mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan
suku bangsa dengan teliti.
¡ Dengan kolom pembiasaan diri, siswa dapat menerima
keberagaman teman bermain di sekitar rumah dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati lambang bilangan, siswa dapat menentukan
nilai tempat bilangan dengan teliti.
¡ Dengan penugasan dan petunjuk kerja sederhana, siswa dapat
membuat kartu pola-pola bilangan dengan teliti.
¡ Dengan penugasan dan contoh pola bilangan, siswa dapat
membuat pola-pola bilangan sederhana kurang dari 100 dengan teliti.
E. MATERIPEMBELAJARAN
¡ Menyanyikan lagu wajib nasional dengan alat musik ritmis.
¡ Pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik
ritmis.
¡ Mengidentifikasi berbagai pola birama lagu.
¡ Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan
teman.
¡ Menerapkan permintaan maaf demi menjaga kerukunan hidup.
¡ Mengidentifikasi keberagaman teman berdasarkan kegemaran.
¡ Mengidentifikasi keberagaman teman berdasarkan suku bangsa.
¡ Menerima keberagaman teman di sekitar rumah.
¡ Menentukan nilai tempat bilangan.
¡ Membuat kartu pola-pola bilangan.
¡ Membuat pola-pola bilangan
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Hidup Rukun”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
siswa mengamati teks lagu “Hari Merdeka” dengan teliti
(mengamati).
§
Bertanya jawab tentang lagu “Hari Merdeka” (menanya dan
menalar).
§
Siswa menyanyikan lagu “Hari Merdeka” secara bersama-sama
(mencoba).
§
Siswa diperkenalkan dengan lagu wajib yang lain, misalnya
“Satu Nusa Satu Bangsa, Indonesia Pusaka” yang memiliki tanda birama berbeda
2/4, 3/4 , dan 4/4.
§
Siswa diajak untuk membedakan berbagai pola irama lagu
itu dengan menggunakan alat musik ritmis.
§
Gunakan dua jenis alat musik ritmis supaya ketukannya
terlihat jelas.
§
Pola irama 3/4 dengan ketukan pertama jenis alat musik
tertentu dengan tekanan kuat.
§
Ketukan kedua dan ketiga dengan alat musik ritmis lain
dengan ketukan lebih lemah.
§
Bertanya jawab tentang kegiatan menyanyi apabila
dilaku-kan dengan tidak kompak (menalar).
§
Siswa dibimbing membaca syair lagu “Hari Merdeka” dengan
cara berpuisi (mencoba).
§
Siswa mengomentari pembacaan puisi temannya
(mengomunikasikan).
§
Siswa menulis isi lagu “Hari Merdeka” dalam bentuk
karangan pendek secara teliti (mencoba).
§
Siswa menghias karangan yang telah ditulis dengan
gambar-gambar menarik sesuai kreasi siswa (mencoba).
§
Siswa mengisi tabel kerukunan berdasarkan suku bangsa dan
kegemaran (mencoba).
§
Bertanya jawab tentang tabel yang telah diisi
masing-masing siswa (menalar dan menanya).
§
Siswa saling memberikan tanggapan tentang jawaban
masing-masing siswa dengan bahasa yang santun (mengomunikasikan).
§
Siswa mengamati kolom pembiasaan diri (mengamati).
§
Bertanya jawab tentang isi masing-masing kolom pembiasaan
(menanya dan menalar).
§
Siswa diarahkan untuk membiasakan sikap positif sesuai
kolom pembiasaan yang telah dipahami sebelumnya.
§
Siswa membaca teks yang mengarah pada pengenalan bilangan
dan nilai tempat bilangan (mengumpulkan informasi).
§
Siswa memperhatikan contoh menentukan nilai tempat
bilangan (mengamati).
§
Guru membimbing siswa dengan baik cara menentukan nilai
tempat suatu bilangan.
§
Siswa mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan nilai
tempat (mencoba).
§
Siswa saling menukarkan jawaban dengan teman di
sampinganya (menalar).
§
Siswa memberikan tanggapan terhadap jawaban yang
diperiksa.
§
Siswa mengamati gambar tentang jumlah kotak makanan yang
ada di meja (mengamati).
§
Siswa menghitung jumlah kotak setiap meja (menalar).
§
Siswa diarahkan untuk menemukan pola bilangan berdasarkan
jumlah kotak yang dihitung (menalar).
§
Siswa mengamati kartu bilangan yang terdapat dalam buku
(mengamati).
§
Siswa diajak menentukan pola bilangan sesuai kartu
bilangan (menalar).
§
Guru menyediakan alat dan bahan untuk membuat kartu
bilangan.
§
Siswa diajak membuat kartu bilangan (mencoba).
§
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari
3 sampai 5 siswa (mencoba).
§
Siswa mengumpulkan kartu bilangan masing-masing siswa
dalam kelompok.
§
Siswa mendiskusikan dan menentukan pola bilangan
berdasarkan kartu bilangan yang dikumpulkan (mengomunikasikan).
§
Siswa mempresentasikan pola bilangan masing-masing
kelompok (mengomunikasikan).
§
Siswa saling memeriksa dan menanggapi hasil pola bilangan
yang dibentuk masing-masing kelompok (menalar dan mengomunikasikan).
§
Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
§
Siswa menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa sendiri.
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Teks
lagu “Hari Merdeka”
¡ Alat
dan bahan untuk membuat kartu bilangan yang terdiri atas:Kertas karton bekas
bungkus pasta gigi, Spidol, dan Gunting
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
Menentukan nilai tempat
Banyak Soal: 5 Soal
Kunci Jawaban:
|
Ni;ai Tempat
|
||
Bilangan
|
Ratusan
|
Puluhan
|
Satuan
|
325
|
3
|
2
|
5
|
389
|
3
|
8
|
9
|
473
|
4
|
7
|
3
|
539
|
5
|
3
|
9
|
Disesuaikan dengan jawaban siswa
|
Disesuaikan dengan jawaban siswa
|
Disesuaikan dengan jawaban siswa
|
Disesuaikan dengan jawaban siswa
|
3. Keterampilan
a. Menyanyi dengan Memainkan Alat Musik Ritmis
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik
Penilaian Menyanyi dengan Memainkan Alat Musik Ritmis
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Penguasaan Lagu.
|
Konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan
guru.
|
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang
tepat tanpa bimbingan guru.
|
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang
tepat walaupun telah dibimbing guru.
|
Menyanyi dengan nada yang tidak tepat walaupun telah
dibimbing guru.
|
2.
|
Kemampuan memainkan alat musik ritmis.
|
Mampu mengembang-kan ritmis dari
pola yang disajikan.
|
Hanya mampu memainkan ritmis dari
pola yang disajikan, tapi tidak mampu untuk mengembangkan
|
Mengalami kesulitan dalam meniru
ritmis yang disajikan.
|
Tidak mampu sama sekali meniru
ritmis yang disajikan.
|
b. Membaca Puisi
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik
Penilaian Membaca Puisi
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Ekspresi
|
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara
konsisten.
|
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun
kurang konsisten.
|
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dengan dialog.
|
Monoton, tanpa ekspresi.
|
2.
|
Lafal
|
Dialog dilafalkan dengan tepat
dan jelas.
|
Ada 1-2 kata yang kurang tepat
pelafalannya.
|
Lebih dari 2 kata belum tepat
pelafalannya.
|
Hampir semua kata belum tepat pelafalannya.
|
3.
|
Intonasi
|
Intonasi sesuai dengan dialog
secara konsisten.
|
Intonasi sesuai dengan dialog
namun kurang konsisten.
|
Intonasi tidak sesuai dengan dialog.
|
Tanpa intonasi.
|
c. Mengubah Syair Lagu Menjadi Cerita Sambil Berkreasi
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik
Penilaian Mengubah Syair Lagu Menjadi Cerita Sambil Berkreasi
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca
|
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang,
serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
|
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan
tanda titik.
|
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf
besar dan tanda titik
|
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan
tanda titik.
|
2
|
Kesesuaian cerita yang ditulis dengan syair lagu
|
Seluruh isi cerita yang ditulis dengan syair lagu
|
Setengah atau lebih isi cerita dengan syair lagu
|
Hampir keseluruhan isi cerita dengan syair lagu
|
Cerita tidak sesuai dengan syair lagu
|
3
|
Penulisan
|
Penulisan kata sudah tepat
|
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat penulisannya
|
Terdapat lebih dari 2 kata yang belum tepat penulisannya
|
Seluruh kata belum tepat dalam penulisan.
|
4
|
Penggunaan kalimat yang efektif
|
Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang efektif
|
Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang
efektif
|
Terdapat lebih dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang
kurang efektif
|
Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang belum efektif
|
5
|
Kreasi
|
Menghias cerita dengan variasi warna yang menarik
|
Menghias cerita namun warna kurang bervariasi
|
Menghias tanpa warna
|
Tidak menghias sama sekali
|
d. Membuat Kartu Bilangan
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik
Penilaian Membuat Kartu Bilangan
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Tampilan
|
Bilangan ditulis jelas, rapi, dan bersih
|
Bilangan ditulis jelas, tetapi kurang rapi atau bersih
|
Bilangan ditulis kurang jelas
|
Bilangan yang ditulis jelas
|
2.
|
Kreasi.
|
Menghias kartu dengan variasi warna yang menarik.
|
Menghias kartu namun warna kurang bervariasi.
|
Menghias tanpa warna.
|
Tidak menghias sama sekali.
|
e. Membuat Pola Bilangan Menggunakan kartu Bilangan
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik
Membuat Pola Bilangan Menggunakan kartu Bilangan
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Jumlah pola yang dibuat
|
Mampu membuat 3 atau lebih pola bilangan
|
Mampu membuat 2 pola bilangan
|
Mampu membuat 1 pola bilangan
|
Tidak mampu membuat pola bilangan
|
2
|
Waktu yang dibutuhkan
|
Mampu menyelesaikan lebih cepat dari batas waktu yang
ditentukan
|
Mampu menyelesaikan sesuai batas waktu yang ditentukan
|
Mampu menyelesaikan melebihi batas waktu yang ditentukan
|
Tidak mampu menyelesaikan
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Lembar Evaluasi
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar