Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 2 (Bermain di Lingkunganku) Sub Tema 4 (Bermain di Tempat Wisata) Pembelajaran 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 4                   :     Bermain di Tempat Wisata
Pembelajaran Ke          :     5
Alokasi Waktu               :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PJOK
3.4    Mengetahui konsep menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), serta bergerak secara lentur dan lincah dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4    Mempraktikkan cara menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), serta aktivitas pengembangan kebugaran jasmani untuk melatih kelenturan dan kelincahan tubuh melalui permainan sederhanadan atau tradisional.

PPKn
3.4    Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.4    Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
3.2.6   Menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar.
4.2.3   Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.

PJOK
3.4.5   Mengidentifikasi berbagai aktivitas pengembangan kebugaran jasmani dengan berbagai gerakan.
4.4.5   Melakukan aktivitas pengembangan kebugaran jasmani dengan berbagai gerakan.

PPKn
3.4.2   Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman satu kelas dan keragaman jenis kelamin.
3.4.3   Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman satu kelas dalam keragaman kegemaran/ hobi.
4.4.12 Bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan/ tugas dengan teman sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran,agama, suku dan sifat (karakter).

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan memahami teks tercakapan, siswa dapat membacakan cerita narasi tantang teks percakapan wisata ke pantai dengan suara nyaring dan menarik dengan cermat.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman satu kelas dan keragaman jenis kelamin dengan percaya diri.
¡  Dengan teks percakapan wisata ke pantai, siswa dapat menceritakan berbagai aktivitas saat berwisata ke pantai dengan percaya diri.
¡  Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman satu kelas dalam keragaman kegemaran/hobi dengan percaya diri.
¡  Dengan penugasan guru, siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan wisata ke pantai dengan bertanggung jawab.
¡  Dengan petunjuk guru, siswa dapat bermain peran berdasarkan teks percakapan yang telah dibaca dengan percaya diri.
¡  Dengan bermain peran, siswa dapat menunjukkan sikap bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan/tugas dengan teman sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran,agama, suku, dan sifat ( karakter) dengan percaya diri.
¡  Dengan penugasan dari guru, siswa dapat menulis tentang tempat wisata dengan cermat.
¡  Dengan mengamati gambar gerakan tubuh, siswa dapat mengidentifikasi berbagai aktivitas pengembangan kebugaran jasmani dengan berbagai gerakan dengan cermat.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat melakukan aktivitas pengembangan kebugaran jasmani dengan berbagai gerakan berdasarkan gambar dengan percaya diri.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Menceritakan berbagai aktivitas bermain di tempat wisata.
¡  Membaca cerita narasi berdasarkan aktivitas bermain di tempat wisata.
¡  Menjelaskan manfaat hidup bersatu.
¡  Menerapkan sikap hidup bersatu.
¡  Mengidentifikasi berbagai aktivitas pengembangan kebuagaran jasmani dengan berbagai gerakan.

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Guru membimbing siswa untuk mengamati teks percakapan wisata ke pantai dengan cermat (mengamati).
§  Siswa menanya tentang teks percakapan wisata ke pantai (menanya).
§  Siswa menanya tentang teks percakapan (menanya).
§  Guru membimbing siswa untuk melakukan kegiatan dengan percaya diri.
§  Siswa membacakan cerita narasi berupa teks percakapan wisata ke pantai dengan suara nyaring dan menarik (mencoba).
§  Siswa bertanya jawab tentang bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman satu kelas tentang keragaman jenis kelamin (menanya).
§  Siswa menceritakan berbagai aktivitas saat berwisata ke pantai berdasarkan teks percakapan (mengomunikasikan).
§  Siswa bertanya jawab tentang bentuk-bentuk kerja sama dengan teman-teman satu kelas dalam keragaman kegemaran/hobi (menanya).
§  Siswa mengisi kalimat rumpang (mengasosiasi).
§  Siswa menghitung jumlah kalimat berita, kalimat tanya, dan kalimat seru (mengumpulkan informasi).
§  Siswa membuat sendiri kalimat berita, kalimat tanya, dan kalimat seru (mengomunikasikan).
§  Guru membimbing siswa untuk bermain peran berdasarkan teks percakapan yang telah dibaca dengan percaya diri (mengomunikasikan).
§  Siswa menunjukkan sikap bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan/tugas dengan teman sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, agama, suku, dan sifat (karakter) pada saat bermain peran dengan percaya diri (mengomunikasikan).
§  Siswa menulis tentang tempat wisata yang dikunjungi (mengomunikasikan).
§  Siswa menulis cerita tentang kerja sama di antara teman-teman dalam berwisata (mengomunikasikan).
§  Siswa menulis tentang apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dilakukan di tempat wisata (mengomunikasikan).
§  Siswa mengamati gambar gerakan tubuh dengan cermat (mengamati).
§  Siswa mengidentifikasi berbagai aktivitas pengembangan kebugaran jasmani dengan berbagai gerakan (mengumpulkan informasi).
§  Siswa menandai gerakan yang ditunjukkan pada gambar yang diamati (mengomunikasikan).
§  Guru membimbing siswa untuk berdiskusi tentang gerakan yang paling mereka kuasai beserta alasannya dengan penuh rasa tenggung jawab (mengumpulkan informasi).
§  Siswa berdiskusi tentang gerakan yang paling disukainya beserta alasannya(mengomunikasikan).
§  Siswa berdiskusi tentang gerakan yang paling mereka kuasai beserta alasannya (mengomunikasikan).
§  Siswa melakukan aktivitas pengembangan kebugaran jasmani dengan berbagai gerakan berdasarkan gambar gerakan badan dengan bimbingan guru (mengumpulkan informasi).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Teks Percakapan Wisata ke Pantai.
¡  Gambar gerakan tubuh

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5




























2.   Penilaian Pengetahuan
a.   Menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan wisata ke pantai.
Tes tertulis: Skor
Banyak soal: 5 buah
Kunci Jawaban:
1)   menyiapakan tempat makan dan menggelar tikar
2)   mengeluarkan piring dan gelas
3)   ringan
4)   – Berita = 7
      – Pertanyaan = 2
      – Seru = 12
5)   – Berita = (disesuaikan dengan jawaban siswa)
      – Pertanyaan = (disesuaikan dengan jawaban siswa)
      – Seru = (disesuaikan dengan jawaban siswa)

b.   Menandai gerakan sesuai dengan gambar
Tes tertulis: skor
Banyak soal: 6
Kunci Jawaban:
1) Gambar 193, (f)
2) Gambar 194, (b)
3) Gambar 195, (a)
4) Gambar 196, (c)
5) Gambar 197, (e)
6) Gambar 198, (d)

3.   Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a.   Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca Narasi

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Membaca Teks percakapan
Siswa mampu membaca keseluruhan teks
Siswa mampu membaca setengan atau lebih bagian teks
Siswa mampu membaca kurang dari setengah bagian teks
Siswa belum mampu membaca teks
2.
Pemahaman Isi teks
Mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab setengah atau lebih pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks
Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan

b.   Rubrik Bermain Peran Berdasarkan Teks Percakapan

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Ekspresi
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara konsisten
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun tidak konsisten
Mimik wajah dan gerakan tubuh sesuai dengan dialog
Monoton, tanpa ekspresi
2.
Volume suara
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
Terdengar sampai setengah ruang kelas
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
Suara sangat pelan atau tidak terdengar
3.
Kerja sama
Sangat Terlihat kegiatan saling membantu
Terlihat sebahagian besar kegiatan saling membantu
Terlihat sebahagian kecil kegiatan saling membantu
Tidak terlihat kegiatan saling membantu.


c.   Rubrik Menceritakan Berbagai Aktivitas Saat Berwisata ke Pantai

No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Kemampuan Bercerita
Siswa bercerita dengan lancar
Setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
Belum mampu bercerita
2.
Lafal dan ekspresi
Menggunakan lafal yang jelas dan ekpresi yang menarik
Menggunakan lafal yang jelas dan ekspresi kurang menarik
Menggunakan lafal yang kurang jelas dan ekspresin kurang menarik
Tidak menggunakan lafal dan ekpresi yang diharapkan
3.
Intonasi suara
Intonasi suara bagus dan jelas
Intonasi suara bagus tapi agak pelan
Intonasi suara datar tapi jelas
Intonasi suara datar dan tidak jelas


d.   Lembar Pengamatan Melakukan Gerakan Pengembangan Kebugaran Jasmani

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum terlihat (√)
1
Siswa mampu berlomba jalan harimau
....
....
2
Siswa mampu berlomba jalan gajah
....
....
3
Siswa mampu gendong-gendongan
....
....


Hasil Pengamatan Melakukan Gerakan Pengembangan Kebugaran Jasmani

No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
1.
Ekal






2.
Aisy






3.
Zidan






4.
………








e.   Rubrik Menunjukkan Sikap Kerjasama dalam Berbagai Kegiatan

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum terlihat (√)
1
Siswa bekerjasama saat bermain peran
....
....
2
Siswa bekerjasama saat melakukan gerakan pengembangan kebugaran jasmani
....
....
3
Siswa saling membantu dalam berbagai kegiatan
....
....


Hasil Pengamatan Melakukan Gerakan Pengembangan Kebugaran Jasmani

No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
Terlihat (P)
Belum Taerlihat (P)
1.
Ekal






2.
Aisy






3.
Zidan






4.
………









Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar