RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 4 : Bermain
di Tempat Wisata
Pembelajaran Ke : 5
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
PJOK
3.4 Mengetahui konsep menjaga sikap tubuh (duduk,
membaca, berdiri, jalan), serta bergerak secara lentur dan lincah dalam rangka
pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau
tradisional.
4.4 Mempraktikkan cara menjaga sikap tubuh
(duduk, membaca, berdiri, jalan), serta aktivitas pengembangan kebugaran
jasmani untuk melatih kelenturan dan kelincahan tubuh melalui permainan
sederhanadan atau tradisional.
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah dan sekolah.
4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam
keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.6
Menceritakan berbagai aktivitas bermain
di lingkungan sekitar.
4.2.3
Membacakan cerita narasi yang telah
ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
PJOK
3.4.5
Mengidentifikasi berbagai aktivitas pengembangan
kebugaran jasmani dengan berbagai gerakan.
4.4.5
Melakukan aktivitas pengembangan
kebugaran jasmani dengan berbagai gerakan.
PPKn
3.4.2
Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan
bersama teman-teman satu kelas dan keragaman jenis kelamin.
3.4.3
Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan
bersama teman-teman satu kelas dalam keragaman kegemaran/ hobi.
4.4.12 Bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan/ tugas
dengan teman sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran,agama, suku dan
sifat (karakter).
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan memahami teks tercakapan, siswa dapat membacakan
cerita narasi tantang teks percakapan wisata ke pantai dengan suara nyaring dan
menarik dengan cermat.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan
bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman satu kelas dan keragaman jenis
kelamin dengan percaya diri.
¡ Dengan teks percakapan wisata ke pantai, siswa dapat
menceritakan berbagai aktivitas saat berwisata ke pantai dengan percaya diri.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan
bentuk-bentuk kegiatan bersama teman-teman satu kelas dalam keragaman
kegemaran/hobi dengan percaya diri.
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat menjawab pertanyaan
berdasarkan teks percakapan wisata ke pantai dengan bertanggung jawab.
¡ Dengan petunjuk guru, siswa dapat bermain peran
berdasarkan teks percakapan yang telah dibaca dengan percaya diri.
¡ Dengan bermain peran, siswa dapat menunjukkan sikap
bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan/tugas dengan teman sekolah yang
berbeda jenis kelamin, kegemaran,agama, suku, dan sifat ( karakter) dengan
percaya diri.
¡ Dengan penugasan dari guru, siswa dapat menulis tentang
tempat wisata dengan cermat.
¡ Dengan mengamati gambar gerakan tubuh, siswa dapat
mengidentifikasi berbagai aktivitas pengembangan kebugaran jasmani dengan
berbagai gerakan dengan cermat.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat melakukan aktivitas
pengembangan kebugaran jasmani dengan berbagai gerakan berdasarkan gambar
dengan percaya diri.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Menceritakan berbagai aktivitas bermain di tempat
wisata.
¡ Membaca cerita narasi berdasarkan aktivitas bermain di
tempat wisata.
¡ Menjelaskan manfaat hidup bersatu.
¡ Menerapkan sikap hidup bersatu.
¡ Mengidentifikasi berbagai aktivitas pengembangan
kebuagaran jasmani dengan berbagai gerakan.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Guru membimbing siswa untuk mengamati teks percakapan
wisata ke pantai dengan cermat (mengamati).
§
Siswa menanya tentang teks percakapan wisata ke pantai
(menanya).
§
Siswa menanya tentang teks percakapan (menanya).
§
Guru membimbing siswa untuk melakukan kegiatan dengan
percaya diri.
§
Siswa membacakan cerita narasi berupa teks percakapan
wisata ke pantai dengan suara nyaring dan menarik (mencoba).
§
Siswa bertanya jawab tentang bentuk-bentuk kegiatan
bersama teman-teman satu kelas tentang keragaman jenis kelamin (menanya).
§
Siswa menceritakan berbagai aktivitas saat berwisata ke
pantai berdasarkan teks percakapan (mengomunikasikan).
§
Siswa bertanya jawab tentang bentuk-bentuk kerja sama
dengan teman-teman satu kelas dalam keragaman kegemaran/hobi (menanya).
§
Siswa mengisi kalimat rumpang (mengasosiasi).
§
Siswa menghitung jumlah kalimat berita, kalimat tanya,
dan kalimat seru (mengumpulkan informasi).
§
Siswa membuat sendiri kalimat berita, kalimat tanya, dan
kalimat seru (mengomunikasikan).
§
Guru membimbing siswa untuk bermain peran berdasarkan
teks percakapan yang telah dibaca dengan percaya diri (mengomunikasikan).
§
Siswa menunjukkan sikap bekerja sama dalam melaksanakan
kegiatan/tugas dengan teman sekolah yang berbeda jenis kelamin, kegemaran,
agama, suku, dan sifat (karakter) pada saat bermain peran dengan percaya diri
(mengomunikasikan).
§
Siswa menulis tentang tempat wisata yang dikunjungi
(mengomunikasikan).
§
Siswa menulis cerita tentang kerja sama di antara
teman-teman dalam berwisata (mengomunikasikan).
§
Siswa menulis tentang apa yang dilihat, didengar,
dirasakan, dan dilakukan di tempat wisata (mengomunikasikan).
§
Siswa mengamati gambar gerakan tubuh dengan cermat
(mengamati).
§
Siswa mengidentifikasi berbagai aktivitas pengembangan
kebugaran jasmani dengan berbagai gerakan (mengumpulkan informasi).
§
Siswa menandai gerakan yang ditunjukkan pada gambar yang
diamati (mengomunikasikan).
§
Guru membimbing siswa untuk berdiskusi tentang gerakan
yang paling mereka kuasai beserta alasannya dengan penuh rasa tenggung jawab
(mengumpulkan informasi).
§
Siswa berdiskusi tentang gerakan yang paling disukainya
beserta alasannya(mengomunikasikan).
§
Siswa berdiskusi tentang gerakan yang paling mereka
kuasai beserta alasannya (mengomunikasikan).
§
Siswa melakukan aktivitas pengembangan kebugaran jasmani
dengan berbagai gerakan berdasarkan gambar gerakan badan dengan bimbingan
guru (mengumpulkan informasi).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Teks Percakapan Wisata ke Pantai.
¡ Gambar gerakan tubuh
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
a. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks
percakapan wisata ke pantai.
Tes tertulis: Skor
Banyak soal: 5 buah
Kunci Jawaban:
1) menyiapakan tempat
makan dan menggelar tikar
2) mengeluarkan piring
dan gelas
3) ringan
4) – Berita = 7
– Pertanyaan = 2
– Seru = 12
5) – Berita = (disesuaikan
dengan jawaban siswa)
– Pertanyaan =
(disesuaikan dengan jawaban siswa)
– Seru =
(disesuaikan dengan jawaban siswa)
b. Menandai gerakan sesuai dengan gambar
Tes tertulis: skor
Banyak soal: 6
Kunci Jawaban:
1) Gambar 193, (f)
2) Gambar 194, (b)
3) Gambar 195, (a)
4) Gambar 196, (c)
5) Gambar 197, (e)
6) Gambar 198, (d)
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca Narasi
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Membaca Teks percakapan
|
Siswa mampu membaca keseluruhan teks
|
Siswa mampu membaca setengan atau lebih bagian teks
|
Siswa mampu membaca kurang dari setengah bagian teks
|
Siswa belum mampu membaca teks
|
2.
|
Pemahaman Isi teks
|
Mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan
|
Mampu menjawab setengah atau lebih pertanyaan yang diajukan
|
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks
|
Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan
|
b. Rubrik Bermain Peran Berdasarkan Teks
Percakapan
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Ekspresi
|
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara konsisten
|
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun tidak konsisten
|
Mimik wajah dan gerakan tubuh sesuai dengan dialog
|
Monoton, tanpa ekspresi
|
2.
|
Volume suara
|
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
|
Terdengar sampai setengah ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat pelan atau tidak terdengar
|
3.
|
Kerja sama
|
Sangat Terlihat kegiatan saling membantu
|
Terlihat sebahagian besar kegiatan saling membantu
|
Terlihat sebahagian kecil kegiatan saling membantu
|
Tidak terlihat kegiatan saling membantu.
|
c. Rubrik Menceritakan Berbagai Aktivitas Saat
Berwisata ke Pantai
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Bercerita
|
Siswa bercerita dengan lancar
|
Setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
|
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
|
Belum mampu bercerita
|
2.
|
Lafal dan ekspresi
|
Menggunakan lafal yang jelas dan ekpresi yang menarik
|
Menggunakan lafal yang jelas dan ekspresi kurang menarik
|
Menggunakan lafal yang kurang jelas dan ekspresin kurang menarik
|
Tidak menggunakan lafal dan ekpresi yang diharapkan
|
3.
|
Intonasi suara
|
Intonasi suara bagus dan jelas
|
Intonasi suara bagus tapi agak pelan
|
Intonasi suara datar tapi jelas
|
Intonasi suara datar dan tidak jelas
|
d. Lembar Pengamatan Melakukan Gerakan
Pengembangan Kebugaran Jasmani
No
|
Kriteria
|
Terlihat
(√)
|
Belum
terlihat (√)
|
1
|
Siswa mampu berlomba jalan harimau
|
....
|
....
|
2
|
Siswa mampu berlomba jalan gajah
|
....
|
....
|
3
|
Siswa mampu gendong-gendongan
|
....
|
....
|
Hasil Pengamatan Melakukan
Gerakan Pengembangan Kebugaran Jasmani
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
||
1.
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
………
|
|
|
|
|
|
|
e. Rubrik Menunjukkan Sikap Kerjasama dalam
Berbagai Kegiatan
No
|
Kriteria
|
Terlihat
(√)
|
Belum
terlihat (√)
|
1
|
Siswa bekerjasama saat bermain peran
|
....
|
....
|
2
|
Siswa bekerjasama saat melakukan gerakan pengembangan kebugaran jasmani
|
....
|
....
|
3
|
Siswa saling membantu dalam berbagai kegiatan
|
....
|
....
|
Hasil Pengamatan Melakukan
Gerakan Pengembangan Kebugaran Jasmani
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
||
1.
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
………
|
|
|
|
|
|
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar