RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 2 : Bermain
di Rumah Teman
Pembelajaran Ke : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
SBdP
3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang
dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan.
4.13 Membuat karya kerajinan sebagai penghias
benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan
melipat, menggunting dan menempel.
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah dan sekolah.
4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam
keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
SBdP
3.4.2
Menjelaskan cara mengolah bahan alam
yang dapat digunakan sebagai karya kreatif.
4.13.1 Membuat karya kerajinan berbahan daun di
lingkungan rumah melalui kegiatan melipat.
PPKn
3.4.1
Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan
bersama teman dalam keragaman kegemaran/ hobi
4.4.1
Bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan
bersama teman yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat (karakter)
Bahasa
Indonesia
3.2.6
Menceritakan berbagai aktivitas bermain
di lingkungan sekitar.
4.2.3
Membacakan cerita narasi yang telah
ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan membaca teks bermain benteng-bentengan, siswa
dapat menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan rumah teman dengan
percaya diri.
¡ Dengan membaca teks, siswa dapat menuliskan kembali teks
cerita tentang bermain benteng-bentengan dalam tulisan tegak bersambung dengan
memperhatikan penggunaan EYD secara bertanggung jawab.
¡ Dengan teks yang telah ditulis, siswa dapat membacakan
teks cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas
dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar bersama keterangannya, siswa
dapat memasangkan urutan cara bermain benteng-bentengan yang benar secara
cermat.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan
bentuk-bentuk kegiatan bersama teman dalam keragaman kegemaran/ hobi dengan
cermat.
¡ Dengan permainan benteng-bentengan, siswa dapat bekerja
sama dalam melaksanakan kegiatan bersama teman yang berbeda jenis kelamin,
kegemaran dan sifat (karakter) dengan percaya diri dan bertanggung jawab.
¡ Dengan membaca teks, siswa dapat melengkapi kalimat
rumpang dengan cermat.
¡ Dengan membuat karya kreatif, siswa dapat menjelaskan
cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif dengan
cermat.
¡ Dengan melihat contoh, siswa dapat membuat karya
kerajinan berbahan daun di lingkungan rumah melalui kegiatan melipat dengan
percaya diri.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Menceritakan berbagai aktivitas bermain
¡ Membacakan cerita narasi yang telah ditulis.
¡ Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman
¡ Bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan
¡ Menjelaskan cara mengolah bahan alam
¡ Membuat karya kerajinan berbahan daun
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa mengamati gambar.
§ Guru memberi arahan kepada siswa untuk mengamati,
membaca, menulis dan membacakan teks cerita narasi dengan cermat dan
bertanggung jawab.
§ Siswa mengamati gambar tentang “Bermain
Benteng-Bentengan” di halaman rumah teman (mengamati).
§ Siswa melakukan kegiatan menanya berdasarkan gambar yang
diamati (menanya).
§ Siswa membaca teks “Bermain Benteng-Bentengan” dengan
mandiri (mengamati).
§ Siswa bertanya berkaitan dengan isi teks bacaan
(menanya).
§ Siswa lain diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan
temannya tentang teks “Bermain Benteng-Bentengan” (mengasosiasi).
§ Siswa menceritakan berbagai aktivitas bermain di
lingkungan rumah teman (mengomunikasikan)
§ Siswa ditugaskan guru menuliskan kemabali teks cerita
tentang “Bermain Benteng-Bentengan” dalam tulisan tegak bersambung dengan
memperhatikan EYD yang benar (mengomunikasikan)
§ Siswa membacakan teks cerita yang ditulis dengan lafal
dan intonasi yang jelas di depan kelas (mengomunikasikan)
§ Guru memberikan arahan kepada siswa untuk melakukan
kegiatan dengan cermat.
§ Siswa mengamati gambar dan urutan cara bermain benteng
bentengan (mengamati)
§ Siswa memasangkan urutan cara bermain benteng-bentengan
yang benar dengan gambarnya (mengasosiasi).
§ Siswa bertanya jawab menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan
bersama teman dalam keberagaman/ hobi dengan cermat (menanya).
§ Siswa ditugaskan guru melengkapi kalimat rumpang tentang
isi teks bacaan bermain benteng-bentengan (mengasosiasi).
§
Guru
membimbing siswa untuk berkreasi membuat karya lukisan lipat di atas daun
dengan percaya diri.
§ Siswa mengamati gambar karya lukisan lipat di atas daun
dengan cermat (mengamati).
§ Siswa menanya tentang membuat karya lukisan lipat di atas
daun (menanya)
§ Siswa mendengarkan petunjuk guru dengan cermat
(mengamati).
§ Siswa menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat
digunakan sebagai karya kreatif dengan cermat (mengomunikasikan).
§ Siswa membuat karya kerajinan berbahan daun di lingkungan
rumah melalui kegiatan melipat (mengasosiasi).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Gambar bermain benteng-bentengan di halaman rumah.
¡ Teks bacaan “Bermain Benteng-Bentengan”.
¡ Gambar menjodohkan urutan cara bermain
bentenga-bentengan.
¡ Gambar karya lukisan dari potongan daun dan cat.
¡ Cat kental dan daun.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
Melengkapi kalimat rumpang berdasarkan gambar urutan cara
bermain benteng-bentengan (skor 100).
Banyak soal : 3 buah
Kunci jawaban :
Bekerjasama, bekerjasama, kalah
3. Penilaian
keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Rubrik Menceritakan Berbagai Aktivitas
Bermain
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbi-
ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Bercerita
|
Siswa bercerita dengan lancar
|
Setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
|
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan
lancar
|
Belum mampu bercerita
|
2.
|
Volume Suara
|
Terdengar sampai seisi ruang kelas
|
Terdengar sampai setengah ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat pelan atau tidak terdengar
|
b. Rubrik Penilaian Kemampuan Membacakan Cerita
Narasi yang Ditulis
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Membacakan teks dengan lafal dan intonasi
yang jelas
|
Mampu membaca keseluruhan teks dengan lafal dan
intonasi yang jelas
|
Mampu membaca sebahagian besar teks dengan lafal dan
intonasi yang jelas
|
Mampu membaca sebahagian kecil teks dengan lafal dan
intonasi yang jelas
|
Belum mampu membaca teks dengan lafal dan intonasi
yang jelas
|
2.
|
Suara saat membacakan teks narasi yang ditulis
|
Suara siswa terdengar sangat nyaring sampai ke seluruh
kelas dan sangat menarik saat membacakan teks narasi
|
Suara siswa terdengar nyaring sampai seluruh kelas
tetapi samar-samar pada bahagian belakang kelas
|
Suara siswa terdengar kurang nyaring dan hanya
terdengar bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat pelan atau tidak terdengar
|
3.
|
Pemahaman isi teks
|
Mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan
|
Mampu menjawab setengah atau lebih pertannyaan yang
diajukan
|
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks
|
Belum mampu manjawab semua pertanyaan yang diajukan
|
c. Rubrik Penilaian Kegiatan Membuat Karya
kerajinan dari Bahan Daun
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kreativitas
|
Hasil prakarya menggunakan bahan dasar daun
Ada 4 bahan dasar daun yang digunakan
|
Hasil prakarya menggunakan bahan dasar daun
Ada 3 bahan dasar daun yang digunakan
|
Hasil prakarya menggunakan bahan dasar daun
Ada 2 bahan dasar daun yang digunakan
|
Hasil prakarya menggunakan bahan dasar daun
Ada 1 bahan dasar daun yang digunakan
|
2.
|
Ketepatan melipat daun
|
Lipatan daun rapi dan simetris
|
Lipatan daun rapi dan kurang simetris
|
Lipatan daun kurang rapi dan tidak simetris
|
Lipatan daun tidak rapi dan tidak simetris
|
3.
|
Keindahan karya yang dihasilkan
|
Karya yang dihasilkan menimbulkan kesan rasa sangat
kagum
|
Karya yang dihasilkan menimbulkan kesan rasa kagum
|
Karya yang dihasilkan menimbulkan kesan kurang enak
dilihat
|
Karya yang dihasilkan menimbulkan kesan tidak enak
dilihat
|
d. Rubrik Penilaian Menulis Narasi Dengan
Menggunakan Tulisan Tegak Bersambung
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbi-
ngan (1)
|
1.
|
Menulis menggunakan huruf kapital dengan benar
|
Seluruh kata yang tepat ditulis dengan huruf kapital
dengan benar
|
Setengah kata yang tepat ditulis dengan huruf kapital
dengan benar
|
Kurang dari setengah kata yang tepat ditulis dengan huruf
kapital dengan benar
|
Seluruh isi tekskata yang tepat ditulis dengan huruf
kapital dengan benar
|
2.
|
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan yang
sebenarnya
|
keseluruhan isi teks yang ditulis sesuai dengan yang
sebenarnya
|
Sebahagaian isi teks yang ditulis sesuai dengan yang
sebenarnya
|
Kurang dari sebahagaian isi teks yang ditulis sesuai
dengan yang sebenarnya
|
Tidak ada isi teks yang ditulis sesuai dengan yang
sebenarnya
|
3.
|
Penggunaan tulisan tegak bersambung
|
Seluruh isi menggunakan tulisan tegak bersambung yang
jelas, rapi dan bersih
|
Sebagian besar isi menggunakan tulisan tegak
bersambung yang jelas, rapi dan bersih
|
Sebagian kecil isi menggunakan tulisan tegak
bersambung yang jelas, rapi dan bersih
|
Tidak menggunakan tulisan tegak bersambung yang jelas,
rapi dan bersih
|
4.
|
Penggunaan EYD
|
Seluruh tulisan menggunakan EYD yang tepat
|
Sebagian besar tulisan menggunakan EYD yang tepat
|
Sebagian kecil tulisan menggunakan EYD yang tepat
|
Tidak menggunakan EYD yang tepat
|
e. Rubrik Penilaian Memasangkan Gambar dengan
Urutan Cara Bermain Benteng-Bentengan
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kesesuaian gambar dengan cara bermain beteng-bentengan
|
Keseluruhan gambar sesuai dengan cara bermain
benteng-bentengan
|
Sebahagian besar gambar sesuai dengan cara bermain
benteng-bentengan
|
Sebagian kecil gambar sesuai dengan cara bermain
benteng-bentengan
|
Tidak ada gambar yang sesuai dengan cara bermain
benteng-bentengan
|
2.
|
Kerapian dan kebersihan tulisan siswa
|
Siswa menuliskan cara bermain benteng-bentengan dengan
sangat rapi dan sangat bersih
|
Siswa menuliskan cara bermain benteng-bentengan dengan
rapi dan bersih
|
Siswa menuliskan cara bermain benteng-bentengan dengan
rapi tetapi tidak bersih
|
Siswa menuliskan cara bermain benteng-bentengan dengan
tidak rapi dan tidak bersih
|
Penilaian:
Pengamatan/observasi
f. Lembar Pengamatan Sikap Bekerjasama
No
|
Kriteria
|
Terlihat
(√)
|
Belum
terlihat (√)
|
1
|
Saling membantu dengan ikhlas
|
....
|
....
|
2
|
Kekompakan dalam melakukan kegiatan
|
....
|
....
|
3
|
Saling bertukar ide atau pendapat
|
....
|
....
|
4
|
Sikap saling memotivasi
|
....
|
....
|
Hasil Pengamatan
berprilaku menerima keberagaman teman
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
||
1.
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
………
|
|
|
|
|
|
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar