Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 3 (Tugasku Sehari-Hari) Sub Tema 2 (Tugasku Sehari-Hari di Sekolah) Pembelajaran 6


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 3                            :     Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 2                   :     Tugasku Sehari-Hari di Sekolah
Pembelajaran Ke          :     6
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2    Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PPKn
3.1    Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.

PJOK
3.8    Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
4.8    Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
3.2.5   Membaca lancar teks bacaan
4.2.1   Menulis cerita tentang perilaku berdasarkan nilai Pancasila

PPKn
3.1.6   Mengelompokkan berbagai kegiatan yang mencerminkan nilai Pancasila
3.18    Memberikan alasan pengelompokan suatu perilaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
4.1.4   Menunjukkan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila

PJOK
3.8.1   Menulis langkah kerja kegiatan menjaga kebersihan kelas.
4.8.1   Mendemonstrasikan berbagai kegiatan dalam menjaga kebersihan kelas

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan mengamati gambar mengenai aktivitas siswa membersihkan kelas, siswa dapat memprediksi isi teks bacaan dengan cermat.
¡  Dengan teks bacaan tentang aktivitas siswa membersihkan kelas, siswa dapat membaca lancar teks bacaan dengan cermat.
¡  Dengan membaca teks bacaan mengenai aktivitas siswa membersihkan kelas, siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan dengan cermat dan penuh kedisiplinan.
¡  Dengan jawaban pertanyaan dari teks bacaan, siswa dapat mendiskusikan jawaban pertanyaan dengan disiplin dan penuh percaya diri
¡  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan langkah kerja kegiatan menjaga kebersihan kelas dengan cermat.
¡  Dengan menuliskan langkah kerja kegiatan menjaga kebersihan kelas, siswa dapat mendemonstrasikan berbagai kegiatan dalam menjaga kebersihan kelas dengan percaya diri.
¡  Dengan penugasan, siswa dapat menulis cerita tentang perilaku yang ditemui di sekolah dengan cermat dan penuh kedisiplinan.
¡  Dengan mengamati gambar berbagai perilaku yang ditemui di sekolah, siswa dapat mengelompokkan berbagai kegiatan yang mencerminkan nilai Pancasila dengan cermat.
¡  Dengan mengelompokkan berbagai kegiatan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, siswa dapat memberikan alasan pengelompokan suatu perilaku dengan percaya diri.
¡  Dengan memberikan alasan pengelompokan suatu perilaku, siswa dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dengan penuh kedisiplinan.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Memainkan pola irama lagu
¡  Menggambar jam analog

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Tugasku Sehari-Hari”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

15 menit
Inti
§  Siswa mengamati gambar tentang kegiatan siswa membersihkan kelasnya (mengamati).
§  Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati (mengomunikasikan).
§  Siswa membaca teks bacaan tentang kegiatan hari Jumat bersih (mengamati).
§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan (mengasosiasi).
§  Siswa mendiskusikan jawaban yang didapatkan (mengumpulkan informasi).
§  Siswa membuat pertanyaan berkaitan dengan tugas siswa menjaga kebersihan sekolah (menanya).
§  Siswa mengajukan pertanyaan yang dibuat kepada temannya (menanya).
§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan (mengasosiasi).
§  Siswa mendiskusikan jawaban yang didapatkan (mengumpulkan informasi).
§  Siswa membaca teks bacaan tentang kegiatan Beni pada hari Jumat bersih (mengamati).
§  Siswa menyanyikan lagu “Pramuka Sejati” (mengomunikasikan).
§  Siswa menuliskan tugas dari pos 1 hingga pos 6 dalam sebuah cerita (mengomunikasikan).
§  Siswa melengkapi waktu menurut jadwal tugas di sekolah (mengasosiasi).
§  Siswa membuat jadwal tugas di sekolah (mengasosiasi).

180 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari  Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Gambar Siswa Membersihkan Kelasnya.
¡  Gambar Siswa Membersihkan Papan Tulis.
¡  Gambar Berbagai Perilaku Siswa di Sekolah.

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Prosedur Penilaian
¡  Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
¡  Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

2.   Instrumen Penilaian
¡  Penilaian Proses
-       Penilaian Kinerja.
-       Penilaian Produk.
¡  Penilaian Hasil Belajar
-       Pilihan ganda.
-       Isian singkat.
-       Esai atau uraian.

Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.




Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar