RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 2 : Hidup
Rukun dengan Teman Bermain
PembelajaranKe : 2
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
(5x35 Menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah.
Bahasa
Indonesia
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
PJOK
3.1 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak
dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar
lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau tradisional.
3.3 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak
dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan
tradisional.
4.3 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar
manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau permainan tradisional.
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes (kubus satuan)
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
3.3.10 Mengidentifikasi keberagaman teman bermain di
sekitar rumah berdasarkan ciri-ciri fisik tubuh.
3.3.11 Mengidentikasi keberagaman teman bermain di
sekitar rumah berdasarkan suku bangsa.
4.3.8
Menerima keberagaman teman bermain di
sekitar rumah.
Bahasa
Indonesia
3.5.8
Membedakan contoh sikap hidup rukun dan
tidak rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.5
Menyimpulkan isi teks permintaan maaf
tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca.
PJOK
3.3.1
Mengidentifikasi pola gerakan dasar
manipulatif dalam berbagai bentuk permainan .
4.3.1
Melakukan pola gerakan dasar manipulatif
dalam berbagai bentuk permainan.
Matematika
3.1.3
Membaca lambang bilangan sampai 500
4.1.2
Membuat pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan kurang dari 100.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan mengamati gambar percakapan, siswa dapat mem-bedakan
contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti.
¡ Dengan mengamati gambar berbagai gerakan, siswa dapat
mengidentifikasi pola gerakan dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan
dengan teliti.
¡ Dengan permainan “Meniru Hewan Berjalan”, siswa dapat
melakukan pola gerakan dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan dengan
percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar anak-anak, siswa dapat
meng-identifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan
ciri-ciri fisik tubuh dengan teliti.
¡ Dengan memahami arti keberagaman, siswa dapat mene-rima
keberagaman teman bermain di sekitar rumah percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar cara membaca bilangan, siswa
dapat membaca lambang bilangan sampai 500 dengan teliti.
¡ Dengan menggunakan kartu bilangan, siswa dapat membuat
pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100 dengan
teliti.
¡ Dengan mengamati gambar dan percakapan kegiatan Udin dan
Edo saat menghias sepeda, siswa dapat menyimpulkan isi teks permintaan maaf
tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan percaya diri.
¡ Dengan melengkapi cerita tentang suku bangsa, siswa
dapat mengidentifikasi keberagaman teman bermain di se-kitar rumah berdasarkan
suku bangsa dengan teliti.
E. MATERIPEMBELAJARAN
¡ Contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun.
¡ Pola gerak dasar manipulatif.
¡ Mengidentifikasi keberagaman teman berdasarkan ciri-ciri
fisik tubuh.
¡ Lambang bilangan sampai 500.
¡ Pola-pola bilangan sederhana.
¡ Keberagaman teman berdasarkan suku bangsa.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Hidup Rukun”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa mengamati gambar percakapan Udin dan Edo dengan
teliti (mengamati).
§ Bertanya jawab tentang percakapan yang diamati (menanya dan menalar).
§
Siswa membaca teks percakapan Udin dan Edo (mengamati).
§
Siswa diarahkan menemukan makna dari isi teks percakapan
yang dibaca.
§
Siswa membuat pertanyaan dalam bentuk kartu dari teks
percakapan yang telah dibaca (menalar).
§
Siswa saling menukarkan pertanyaan yang dibuatnya kepa-da
temannya (menanya).
§
Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan temannya
(menalar).
§
Siswa membaca teks bacaan tentang hidup rukun
(mengamati).
§
Siswa mengidentifikasi keberagaman fisik teman bermain di
sekitar rumah dari teks bacaan yang dibaca (menalar).
§
Siswa mengamati gambar tentang gerakan manipulatif
(mengamati).
§
Siswa mengidentifikasi pola gerakan manipulatif yang ada
pada gambar (menalar).
§
Siswa menyimak penjelasan guru melakukan sebuah permainan
untuk melakukan pola gerakan dasar manipulatif dalam berbagai bentuk
permainan (mengomunikasikan).
§
Guru menentukan batas lokasi permainan, misalnya membuat
batas persegi panjang yang disesuaikan dengan lapangan bermain.
§
Siswa melakukan gerakan menirukan kucing berjalan sambil
mendengarkan aba-aba guru menyebutkan angka. Misalnya, guru menyebut-kan
angka 2, maka siswa harus berjalan menirukan kucing sambil mencari dua teman.
§
Jika ada yang tidak berhasil mencari teman sejumlah
bilangan yang disebut guru, maka siswa tersebut diminta untuk menyanyi.
§
Siswa melakukan permainan menirukan kucing berjalan dari
petunjuk guru (mencoba).
§
Siswa mengamati gambar anak-anak dengan keberagaman fisik
(mengamati).
§
Siswa melengkapi tabel identifikasi keberagaman fisik
teman bermain di sekitar rumah (mencoba).
§
Siswa mengamati gambar yang memuat sebuah bilangan
(mengamati).
§
Siswa membaca lambang bilangan yang diamati (mengamati).
§
Siswa mengamati gambar blok dienes bilangan yang dibaca
(mengamati).
§
Siswa membaca lambang bilangan yang ada pada bukunya
(mengamati).
§
Siswa mengamati barisan bilangan berdasarkan cerita pada
teks bacaan (mengamati).
§
Siswa membuat pola-pola bilangan sederhana pada lembar
kerja yang terdapat di bukunya (mencoba).
§
Siswa memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang dibuat
tentang pola-pola bilangan.
§
Siswa membaca teks tentang pola-pola bilangan
(mengamati).
§
Siswa diarahkan menemukan berbagai pola bilangan
berdasarkan soal yang diberikan (menalar).
§
Siswa menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan pola
bilangan melalui permainan yang diberikan (menalar dan mencoba).
§
Siswa membaca teks bacaan tentang pengama-lan bermain di
rumah temannya (mengamati).
§
Siswa mengamati gambar seri (mengamati).
§
Siswa mengurutkan gambar seri (mencoba).
§
Bertanya jawab tentang gambar seri (menalar dan
mengomunikasikan).
§
Siswa menjawab pertanyaan sesuai gambar dan teks bacaan
yang dibaca (menalar).
§
Siswa diarahkan menyimpulkan teks bacaan dengan bahasa
sendiri (mengomunikasikan).
§
Siswa melengkapi teks cerita rumpang (menalar)
§
Siswa menceritakan pengalamannya dari cerita rumpang yang
dilengkapinya (mencoba).
§
Siswa diminta menuliskan nama teman di sekitar rumahnya.
§
Siswa dibimbing jika tidak tahu asal suku bangsanya,
misalnya dapat diketahui berdasarkan nama marganya.
§
Jika data itu belum diketahui, mintalah siswa untuk
melengkapinya sebagai tugas rumah agar dapat bertanya kepada orang tua.
§
Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
§ Menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa sendiri.
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Gambar percakapan Udin dan Edo
¡ Gambar deretan rukun
¡ Gambar seri Udin dan Edo pada saat menghias sepeda
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Mengisi tabel ciri-ciri setiap anak berdasarkan gambar
Jumlah Soal: 6 Soal
Kunci Jawaban:
Disesuaikan dengan gambar
b. Membaca lambang bilangan
Jumlah Soal: 5 Soal
Kunci Jawaban:
1. tiga ratus lima puluh delapan
2. tiga ratus delapan puluh tujuh
3. tiga ratus sembilan
4. empat ratus tiga puluh tujuh
5. empat ratus tujuh puluh sembilan
c. Melengkapi pola bilangan
Jumlah Soal: 3 Soal
Kunci Jawaban:
1. 70, 75, 80, 85, 90
2. 85, 90, 95, 100, 105
3. 68, 73, 78, 83, 88
4. 75, 80, 85, 90, 95
5. 84, 89, 94, 99, 104
d. Membuat Pola Bilangan
Jumlah Soal: 2
Kunci Jawaban:
Jawaban beragam (disesuaikan dengan jawaban siswa).
e. Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar kegiatan Udin dan
Edo
1. Tidak
2. Gambar di saat Edo mengeluarkan krayonnya yang baru
3. Maaf Edo (Udin meminta maaf)
4. 112
5. Saling memaafkan
3. Keterampilan
a. Bermain Menirukan Gerakan Kucing Berjalan
Penilaian: Pengamatan (Observasi)
Lembar Pengamatan Bermain Menirukan Kucing Berjalan
No.
|
Kriteria
|
Terlihat ( P)
|
Belum Terlihat (P )
|
1.
|
Siswa mampu mengikuti instruksi
|
|
|
2.
|
Siswa terlibat aktif dalam permainan
|
|
|
3.
|
Siswa mampu menirukan gerakan sesuai permainan
|
|
|
Hasil Pengamatan Menirukan Gerakan Kucing Berjalan
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah
Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Menulis Cerita Berdasarkan Urutan Gambar
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Menulis Cerita Berdasarkan Urutan Gambar
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1
|
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca
|
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang,
serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
|
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan
tanda titik.
|
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf
besar dan tanda titik
|
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan
tanda titik.
|
2
|
Kesesuaian cerita yang ditulis dengan tema dan urutan
gambar
|
Seluruh isi cerita yang ditulis sesuai tema dan urutan
gambar
|
Setengah atau lebih isi cerita sesuai dengan tema dan
urutan gambar
|
Hampir keseluruhan cerita kurang sesuai dengan tema dan urutan
gambar
|
Cerita tidak sesuai tema dan urutan gambar
|
3
|
Penulisan
|
Penulisan kata sudah tepat
|
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat penulisannya
|
Terdapat lebih dari 2 kata yang belum tepat penulisannya
|
Seluruh kata belum tepat dalam penulisan.
|
4
|
Penggunaan kalimat yang efektif
|
Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang efektif
|
Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang
efektif
|
Terdapat lebih dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang
kurang efektif
|
Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang belum efektif
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar