Informasi Seputar Pendidikan dan Loker Guru Indonesia

RPP Kelas II, Tema 1(Hidup Rukun) Sub Tema 2 (Hidup Rukun dengan Teman Bermain) Pembelajaran 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Hidup Rukun
Sub Tema 2                   :     Hidup Rukun dengan Teman Bermain
PembelajaranKe           :     2
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (5x35 Menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
3.3    Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3    Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.

Bahasa Indonesia
3.5    Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5    Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PJOK
3.1    Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1    Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3    Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3    Mempraktikkan variasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.

Matematika
3.1    Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan)
4.1    Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
3.3.10 Mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan ciri-ciri fisik tubuh.
3.3.11 Mengidentikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan suku bangsa.
4.3.8   Menerima keberagaman teman bermain di sekitar rumah.

Bahasa Indonesia
3.5.8   Membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.5   Menyimpulkan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman yang telah dibaca.

PJOK
3.3.1   Mengidentifikasi pola gerakan dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan .
4.3.1   Melakukan pola gerakan dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan.


Matematika
3.1.3   Membaca lambang bilangan sampai 500
4.1.2   Membuat pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan mengamati gambar percakapan, siswa dapat mem-bedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti.
¡  Dengan mengamati gambar berbagai gerakan, siswa dapat mengidentifikasi pola gerakan dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan dengan teliti.
¡  Dengan permainan “Meniru Hewan Berjalan”, siswa dapat melakukan pola gerakan dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati gambar anak-anak, siswa dapat meng-identifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan ciri-ciri fisik tubuh dengan teliti.
¡  Dengan memahami arti keberagaman, siswa dapat mene-rima keberagaman teman bermain di sekitar rumah percaya diri.
¡  Dengan mengamati gambar cara membaca bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai 500 dengan teliti.
¡  Dengan menggunakan kartu bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100 dengan teliti.
¡  Dengan mengamati gambar dan percakapan kegiatan Udin dan Edo saat menghias sepeda, siswa dapat menyimpulkan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan percaya diri.
¡  Dengan melengkapi cerita tentang suku bangsa, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman teman bermain di se-kitar rumah berdasarkan suku bangsa dengan teliti.

E.     MATERIPEMBELAJARAN
¡  Contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun.
¡  Pola gerak dasar manipulatif.
¡  Mengidentifikasi keberagaman teman berdasarkan ciri-ciri fisik tubuh.
¡  Lambang bilangan sampai 500.
¡  Pola-pola bilangan sederhana.
¡  Keberagaman teman berdasarkan suku bangsa.



F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Hidup Rukun”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Siswa mengamati gambar percakapan Udin dan Edo dengan teliti (mengamati).
§  Bertanya jawab tentang percakapan yang diamati (menanya dan menalar).
§  Siswa membaca teks percakapan Udin dan Edo (mengamati).
§  Siswa diarahkan menemukan makna dari isi teks percakapan yang dibaca.
§  Siswa membuat pertanyaan dalam bentuk kartu dari teks percakapan yang telah dibaca (menalar).
§  Siswa saling menukarkan pertanyaan yang dibuatnya kepa-da temannya (menanya).
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan temannya (menalar).
§  Siswa membaca teks bacaan tentang hidup rukun (mengamati).
§  Siswa mengidentifikasi keberagaman fisik teman bermain di sekitar rumah dari teks bacaan yang dibaca (menalar).
§  Siswa mengamati gambar tentang gerakan manipulatif (mengamati).
§  Siswa mengidentifikasi pola gerakan manipulatif yang ada pada gambar (menalar).
§  Siswa menyimak penjelasan guru melakukan sebuah permainan untuk melakukan pola gerakan dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan (mengomunikasikan).
§  Guru menentukan batas lokasi permainan, misalnya membuat batas persegi panjang yang disesuaikan dengan lapangan bermain.
§  Siswa melakukan gerakan menirukan kucing berjalan sambil mendengarkan aba-aba guru menyebutkan angka. Misalnya, guru menyebut-kan angka 2, maka siswa harus berjalan menirukan kucing sambil mencari dua teman.
§  Jika ada yang tidak berhasil mencari teman sejumlah bilangan yang disebut guru, maka siswa tersebut diminta untuk menyanyi.
§  Siswa melakukan permainan menirukan kucing berjalan dari petunjuk guru (mencoba).
§  Siswa mengamati gambar anak-anak dengan keberagaman fisik (mengamati).
§  Siswa melengkapi tabel identifikasi keberagaman fisik teman bermain di sekitar rumah (mencoba).
§  Siswa mengamati gambar yang memuat sebuah bilangan (mengamati).
§  Siswa membaca lambang bilangan yang diamati (mengamati).
§  Siswa mengamati gambar blok dienes bilangan yang dibaca (mengamati).
§  Siswa membaca lambang bilangan yang ada pada bukunya (mengamati).
§  Siswa mengamati barisan bilangan berdasarkan cerita pada teks bacaan (mengamati).
§  Siswa membuat pola-pola bilangan sederhana pada lembar kerja yang terdapat di bukunya (mencoba).
§  Siswa memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang dibuat tentang pola-pola bilangan.
§  Siswa membaca teks tentang pola-pola bilangan (mengamati).
§  Siswa diarahkan menemukan berbagai pola bilangan berdasarkan soal yang diberikan (menalar).
§  Siswa menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan pola bilangan melalui permainan yang diberikan (menalar dan mencoba).
§  Siswa membaca teks bacaan tentang pengama-lan bermain di rumah temannya (mengamati).
§  Siswa mengamati gambar seri (mengamati).
§  Siswa mengurutkan gambar seri (mencoba).
§  Bertanya jawab tentang gambar seri (menalar dan mengomunikasikan).
§  Siswa menjawab pertanyaan sesuai gambar dan teks bacaan yang dibaca (menalar).
§  Siswa diarahkan menyimpulkan teks bacaan dengan bahasa sendiri (mengomunikasikan).
§  Siswa melengkapi teks cerita rumpang (menalar)
§  Siswa menceritakan pengalamannya dari cerita rumpang yang dilengkapinya (mencoba).
§  Siswa diminta menuliskan nama teman di sekitar rumahnya.
§  Siswa dibimbing jika tidak tahu asal suku bangsanya, misalnya dapat diketahui berdasarkan nama marganya.
§  Jika data itu belum diketahui, mintalah siswa untuk melengkapinya sebagai tugas rumah agar dapat bertanya kepada orang tua.
§  Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
§  Menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa sendiri.

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Gambar percakapan Udin dan Edo
¡  Gambar deretan rukun
¡  Gambar seri Udin dan Edo pada saat menghias sepeda

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5




























2.   Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Mengisi tabel ciri-ciri setiap anak berdasarkan gambar
Jumlah Soal: 6 Soal
Kunci Jawaban:
Disesuaikan dengan gambar

b. Membaca lambang bilangan
Jumlah Soal: 5 Soal
Kunci Jawaban:
1. tiga ratus lima puluh delapan
2. tiga ratus delapan puluh tujuh
3. tiga ratus sembilan
4. empat ratus tiga puluh tujuh
5. empat ratus tujuh puluh sembilan

c. Melengkapi pola bilangan
Jumlah Soal: 3 Soal
Kunci Jawaban:
1. 70, 75, 80, 85, 90
2. 85, 90, 95, 100, 105
3. 68, 73, 78, 83, 88
4. 75, 80, 85, 90, 95
5. 84, 89, 94, 99, 104

d. Membuat Pola Bilangan
Jumlah Soal: 2
Kunci Jawaban:
Jawaban beragam (disesuaikan dengan jawaban siswa).

e. Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar kegiatan Udin dan Edo
1. Tidak
2. Gambar di saat Edo mengeluarkan krayonnya yang baru
3. Maaf Edo (Udin meminta maaf)
4. 112
5. Saling memaafkan



3.   Keterampilan
a. Bermain Menirukan Gerakan Kucing Berjalan
Penilaian: Pengamatan (Observasi)

Lembar Pengamatan Bermain Menirukan Kucing Berjalan
No.
Kriteria
Terlihat ( P)
Belum Terlihat (P )
1.
Siswa mampu mengikuti instruksi


2.
Siswa terlibat aktif dalam permainan


3.
Siswa mampu menirukan gerakan sesuai permainan



Hasil Pengamatan Menirukan Gerakan Kucing Berjalan
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5



























b. Menulis Cerita Berdasarkan Urutan Gambar
Penilaian: Unjuk Kerja

Rubrik Penilaian Menulis Cerita Berdasarkan Urutan Gambar
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca

Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik.

Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik

Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.

2
Kesesuaian cerita yang ditulis dengan tema dan urutan gambar
Seluruh isi cerita yang ditulis sesuai tema dan urutan gambar
Setengah atau lebih isi cerita sesuai dengan tema dan urutan gambar

Hampir keseluruhan cerita kurang sesuai dengan tema dan urutan gambar
Cerita tidak sesuai tema dan urutan gambar

3
Penulisan

Penulisan kata sudah tepat

Terdapat 1-2 kata yang belum tepat penulisannya

Terdapat lebih dari 2 kata yang belum tepat penulisannya
Seluruh kata belum tepat dalam penulisan.

4
Penggunaan kalimat yang efektif

Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang efektif

Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif

Terdapat lebih dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif
Seluruh kalimat menggunakan kalimat yang belum efektif


Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.




Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar