RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 4 : Bermain
di Tempat Wisata
Pembelajaran Ke : 3
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Matematika
3.2 Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada
bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi
menggunakan benda konkret.
4.3 Mengurai sebuah bilangan asli sampai 500
sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian dua bilangan
asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban.
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
SBdP
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam
membuat karya seni rupa
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis,
warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Matematika
3.2.1
Menyatakan perkalian (dua bilangan dua
angka dan satu angka kurang dari 5 ) dari susunan benda konkret.
4.3.1
Mengurai sebuah bilangan menjadi
perkalian bilangan dua angka dan satu angka dengan berbagai kemungkinan.
Bahasa
Indonesia
3.2.1
Menceritakan berbagai aktivitas bermain
di lingkungan sekitar.
4.2.1
Membacakan cerita narasi yang telah
ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
SBdP
3.1.1
Mengelompokkan benda-benda yang bisa
digunakan dalam menciptakan karya seni rupa.
4.1.1
Menggambar ekspresi dengan mengolah
bentuk dan tekstur.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan menggunakan teks yang telah ditulisi bimbingan
guru, siswa dapat membacakan cerita narasi yang telah ditulis tentang persiapan
berwisata ke pantai dengan lafal dan intonasi yang jelas dengan percaya diri.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat menceritakan berbagai
aktivitas yang dilakukan selama di pantai dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar pantai, siswa dapat
mengelompokkan benda-benda yang bisa digunakan dalam menciptakan karya seni
rupa dengan cermat.
¡ Dengan membaca petunjuk membuat kertas daur ulang, siswa
dapat menggambar ekspresi dengan mengolah bentuk dan tekstur dengan bertanggung
jawab.
¡ Dengan mengamati contoh soal, siswa dapat menyatakan
perkalian (dua bilangan dua angka dan satu angka dari susunan benda konkret
dengan cermat.
¡ Dengan penugasan dari guru, siswa dapat mengurai sebuah
bilangan menjadi perkalian bilangan dua angka dan satu angka dengan berbagai
kemungkinan dengan cermat.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Menceritakan persiapan berwisata ke pantai.
¡ Menggambar ekspresi dengan mengolah tekstur dan bentuk.
¡ menyatakan perkalian (dua bilangan dua angka dan satu angka
dari susunan benda konkret.
¡ Mengurai sebuah bilangan menjadi perkalian bilangan dua
angka dan satu angka dengan berbagai kemungkinan dengan cermat.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Guru memberi arahan kepada siswa untuk mengamati gambar
dengan cermat.
§ Siswa mengamati gambar pantai (mengamati).
§ Siswa menanya tentang gambar pantai (menanya).
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan teman
(mengasosiasi).
§ Siswa mengelompokkan benda-benda yang bisa digunakan
dalam menciptakan karya seni rupa berdasarkan gambar pantai (mengumpulkan
informasi).
§
Guru
memberi arahan kepada siswa untuk dapat bercerita dengan percaya diri.
§
Siswa mengamati kembali teks cerita tentang persiapan
berwisata ke pantai (mengamati).
§
Siswa membacakan cerita narasi yang telah ditulis tentang
persiapan berwisata ke pantai dengan lafal dan intonasi yang jelas dengan
bimbingan guru (mengomunikasikan).
§
Siswa menceritakan berbagai aktivitas yang dilakukan
selama di pantai dengan bimbingan guru (mengomunikasikan).
§
Guru membeimbing siswa untuk dapat berkreasi membuat
kertas daur ulang dengan bertanggung jawab.
§
Siswa membaca petunjuk membuat kertas daur ulang
(mengamati).
§
Siswa mempersiapkan alat dan bahan untuk membuat kertas
daur ulang (mengumpulkan informasi).
§
Siswa menggambar ekspresi dengan mengolah bentuk dan
tekstur berdasarkan petunjuk yang telah dibaca (mengomunikasikan).
§
Guru membimbing siswa untuk membuat perkalian dengan
cermat.
§
Siswa mengamati contoh soal tentang perkalian (dua
bilangan dua angka dan satu angka dari susunan benda konkret (mengamati).
§
Siswa bertanya jawab tentang contoh soal tentang
perkalian (dua bilangan dua angka dan satu angka dari susunan benda konkret
(menanya).
§
Siswa ditugaskan guru mengurai sebuah bilangan menjadi
perkalian bilangan dua angka dan satu angka dengan berbagai kemungkinan
(mengumpulkan informasi.)
§
Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan cermat
(mengumpulkan informasi).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Gambar pantai
¡ Gambar menaksir benda hingga puluhan terdekat
¡ Gambar yang ada pada soal cerita
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
a. Penilaian tentang mengisi tabel berdasarkan
gambar pantai.
Tes tertulis: Skor
Jawaban: disesuaikan dengan jawaban siswa.
b. Mengisi titik-titik berdasarkan gambar
Jumlah soal : 1 buah
Kunci jawaban: Sampah
c. Membuat perkalian
Tes tertulis : skor
Jumlah soal: 3 buah
Kunci Jawaban:
1) 2 x 48 3 x 32 4 x 24 6
x 16
48 x 2 32 x 3 24 x 4 16
x 6
2) 2 x 24 3 x 28 4 x 21 6
x 14
24 x 2 28 x 3 21 x 4 14
x 6
3) 2 x 72 3 x 48 4 x 36 6
x 24
72 x 2 48 x 3 36 x 4 24
x 6
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Rubrik Menceritakan Berbagai Aktivitas di
Pantai
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Bercerita
|
Siswa bercerita dengan lancar
|
Setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
|
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan
lancar
|
Belum mampu bercerita
|
2.
|
Volume Suara
|
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
|
Terdengar sampai setengah ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat pelan atau tidak terdengar
|
b. Rubrik Penilaian Membacakan Cerita Narasi
yang Ditulis
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Membacakan teks dengan lafal dan intonasi
yang jelas
|
Siswa mampu membaca keseluruhan teks dengan lafal dan
intonasi yang jelas
|
Siswa mampu membaca sebahagian besar teks dengan lafal
dan intonasi yang jelas
|
Siswa mampu membaca sebahagian kecil teks dengan lafal
dan intonasi yang jelas
|
Siswa belum mampu membaca teks dengan lafal dan
intonasi yang jelas
|
2.
|
Suara saat membacakan teks narasi yang ditulis
|
Suara siswa terdengar sangat nyaring sampai ke seluruh
kelas dan sangat menarik saat membacakan teks narasi
|
Suara siswa terdengar nyaring sampai seluruh kelas
tetapi samar-samar pada bahagian belakang kelas
|
Suara siswa terdengar kurang nyaring dan hanya
terdengar bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat pelan atau tidak terdengar
|
3.
|
Pemahaman isi teks
|
Siswa mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan
|
Siswa mampu menjawab setengah atau lebih pertannyaan
yang diajukan
|
Siswa mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks
|
Siswa belum mampu manjawab semua pertanyaan yang
diajukan
|
c. Rubrik Penilaian Menggambar Ekspresi Dengan
Mengolah Tekstur Dan Bentuk
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Komposisi gambar
|
Hasil gambar yang dibentuk sangat seimbang kiri dan
kanan tanpa bimbingan guru
|
Hasil gambar yang dibrntuk seimbang kiri dan kanan
dengan bimbingan guru
|
Hasil gambar yang dibentuk kurang seimbang kiri dan
kanan walaupun dengan bimbingan guru.
|
Hasil gambar yang dibentuk tidak seimbang kiri dan
kanan walaupun dengan bimbingan guru
|
2.
|
Proporsi gambar dengan mengolah garis, warna, bentuk
dan tekstur
|
Terlihat hasil gambar mempunyai 4 proporsi yang sangat
sesuai. (garis, warna, bentuk dan tekstur)
|
Terlihat hasil gambar mempunyai 3 proporsi yang
sesuai.
|
Terlihat hasil gambar mempunyai 2 proporsi yang
sesuai.
|
Terlihat hasil gambar hanya mempunyai 1 proporsi
|
3.
|
Kerapian dan kebersihan dalam menggambar
|
Gambar yang dibuat bentuk, tekstur dan warnanya rapi
serta bersih pada bidang dasaran
|
Gambar yang dibuat bentuk, tekstur, dan warnanya rapi
serta sedikit bersih pada bidang dasaran
|
Gambar yang dibuat bentuk, tekstur, dan warnanya
kurang rapi serta bersih pada bidang dasaran
|
Belum mampu menggambar dengan rapi dan bersih
|
d. Rubrik
Penilaian Mengurai Sebuah Bilangan Menjadi Perkalian Dua Angka Dan Satu Angka
Dengan Berbagai Kemungkinan
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan siswa mengurai sebuah bilangan menjadi
perkalian dua angka dan satu angka dengan berbagai kemungkinan
|
Siswa mampu menyelesaikan seluruh soal mengurai sebuah
bilangan menjadi perkalian dua angka dan satu angka dengan berbagai
kemungkinan tanpa bimbingan guru
|
Siswa mampu menyelesaikan seluruh soal mengurai sebuah
bilangan menjadi perkalian dua angka dan satu angka dengan berbagai
kemungkinan dengan bimbingan guru
|
Siswa hanya mampu menyelesaikan sebahagian soal
mengurai sebuah bilangan menjadi perkalian dua angka dan satu angka dengan
berbagai kemungkinan dengan bimbingan guru
|
Siswa belum mampu menyelesaikan soal mengurai sebuah
bilangan menjadi perkalian dua angka dan satu angka dengan berbagai
kemungkinan
|
2.
|
Ketepatan jawaban siswa mengurai sebuah bilangan
menjadi perkalian dua angka dan satu angka dengan berbagai kemungkinan
|
Siswa mampu menjawab 3 soal mengurai sebuah bilangan
menjadi perkalian dua angka dan satu angka dengan berbagai kemungkinan dengan
tepat.
|
Siswa mampu menjawab 2 mengurai sebuah bilangan
menjadi perkalian dua angka dan satu angka dengan berbagai kemungkinan dengan
tepat.
|
Siswa mampu menjawab 1 soal mengurai sebuah bilangan
menjadi perkalian dua angka dan satu angka dengan berbagai kemungkinan dengan
tepat.
|
Siswa belum mampu menjawab soal mengurai sebuah
bilangan menjadi perkalian dua angka dan satu angka dengan berbagai
kemungkinan dengan tepat.
|
3.
|
Ketepatan waktu menyelesaikan soal menaksir hasil bagi
dua bilangan dua angka dan satu angka (lebih dari 5) dengan pembulatan ke
puluhan terdekat
|
Siswa mampu menyelesaikan soal sebelum waktu yang
telah ditetapkan
|
Siswa mampu menyelesaikan soal pada waktu yang telah
ditetapkan
|
Siswa terlambat 5 menit menyelesaikan soal menaksir
benda hingga ke bilangan satuan terdekat
|
Siswa belum mampu menyelesaikan seluruh soal tepat
waktu.
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar