RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 3 : Bermain
di Lingkungan Sekolah
Pembelajaran Ke : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
PJOK
3.3 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak
dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan
tradisional.
4.3 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar
manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau permainan tradisional.
Matematika
3.2 Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada
bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi
menggunakan benda konkret.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang
berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu,
panjang, berta benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawaban.
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PJOK
3.3.1
Mengidentifikasi berbagai variasi pola
gerak dasar manipulatif dalam permainan sederhana.
3.3.2
Mengidentifikasi berbagai variasi pola
gerak dasar menipulatif dalam permainan tradisional
4.3.1
Melambung bola ke atas
4.3.2
Menangkap bola yang dilambungkan dengan
benar.
4.3.3
Memukul bola yang dilambungkan
4.3.4
Menendang bola dalam kelompok
4.3.5
Menahan bola dalam kelompok
4.3.6
Melempar bola ke sasaran bergerak
Matematika
3.2.6
Menyebutkan kalimat pembagidari suatu
kumpulan benda konkret yang dikelompokkan menjadi beberapa bagian dengan banyak
anggota yang sama.
4.5.8
Memeriksa kebenaran penyelsaaian masalah
yang berkaitan dengan pembagian.
Bahasa
Indonesia
3.2.6
Menceritakan berbagai aktivitas bermain
di lingkungan rumah
4.2.2
Menulis cerita narasi sederhana tentang
aktivitas bermain di lingkungan rumah sekolah dengan memperhatikan penulisan
EYD.
PPKn
3.3.5
Menyebutkan keberagaman teman-teman satu
kelas berdasarkan jenis kelamin.
3.3.6
Menyebutkan keberagamn teman-teman satu
kelas berdasarkan kegemaran.
4.3.4
Menceritakan perilaku rukun dengan teman
di sekolah yang berbeda jenis kelamin dan kegemaran.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan membaca teks, siswa mengetahui bentuk permainan
di lingkungan sekolah dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengetahui bentuk
permainan di lingkungan sekolah dengan cermat.
¡ Dengan membaca teks, siswa mengetahui cara bermain kayu
malele dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati teks narasi cara bermain kayu malele,
siswa dapat mengidentifikasi berbagai variasi pola gerak dasar manipulatif
dalam permainan tradisional dengan cermat.
¡ Dengan membaca teks, siswa dapat menjawab pertanyaan
yang berkaitan dengan teks narasi dengan cermat.
¡ Dengan mengisi tabel permainan kegemaran teman sekelas,
siswa dapat menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan jenis
kelamin dengan percaya diri.
¡ Dengan mengisi tabel permainan kegemaran teman sekelas,
siswa dapat menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan
kegemaran dengan cermat.
¡ Dengan membaca teks, siswa dapat menulis cerita narasi
tentang bermain kayu malele sederhana menggunakan bahasa sendiri dengan EYD
yang benar dengan cermat.
¡ Dengan membaca teks, siswa dapat menceritakan perilaku rukun
dalam bermain dengan teman sekolah yang berbeda jenis kelamin dan kegemaran
dengan percaya diri.
¡ Dengan mengamati media gambar, siswa dapat mengidentifikasi
berbagai variasi pola gerak dasar manipulatif dalam permainan sederhana dengan
cermat.
¡ Dengan mengamati, siswa dapat menceritakan gerakan pada
tiap media gambar dengan percaya diri.
¡ Dengan melakukan/mempraktikkan, siswa dapat melambungkan
bola ke atas saat permainan dengan percaya diri.
¡ Dengan mempraktikkan, siswa dapat menangkap bola yang
dilambungkan dengan benar dan percaya diri.
¡ Dengan mempraktikkan, siswa dapat memukul bola yang
dilambungkan dengan percaya diri.
¡ Dengan mempraktikkan, siswa dapat menendang bola dalam
kelompok dengan percaya diri.
¡ Dengan mempraktikkan, siswa dapat menahan bola dalam
kelompok dengan percaya diri.
¡ Dengan mempraktikkan, siswa dapat melempar bola ke
sasaran bergerak dengan percaya diri.
¡ Dengan berdiskusi, siswa mengetahui hal-hal yang perlu
dilakukan dalam permainan malele dengan cermat.
¡ Dengan mempraktikkan, siswa melakukan permainan kayu
malele dengan bertanggung jawab.
¡ Dengan mengamati contoh soal, siswa dapat menyebutkan
kalimat pembagi dari suatu kumpulan benda konkret yang dikelompokkan menjadi
beberapa bagian dengan banyak anggota yang sama dengan cermat.
¡ Dengan memeriksa hasil pekerjaan, siswa dapat memeriksa
kebenaran penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pembagian dengan cermat.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Melakukan pola gerak dasar manipulatif.
¡ Menyebutkan kalimat pembagi dari suatu kumpulan benda
konkret yang dikelompokkan menjadi beberapa bagian dengan banyak anggota yang
sama.
¡ Memeriksa kebenaran penyelsaaian masalah yang berkaitan
dengan pembagian.
¡ Menceritakan berbagai aktivitas di lingkungan sekolah.
¡ Menyebutkan keberagaman teman sekelas berdasarkan jenis
kelamin dan kegemaran/hobi.
¡ Menceritakan perilaku rukun dengan teman di sekolah.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa mengamati gambar.
§
Siswa diberi pengarahan oleh guru melakukan kegiatan
membaca dengan cermat.
§
Siswa membaca teks pada buku berkaitan dengan bermain di
lingkungan sekolah (mengamati).
§
Siswa mengamati gambar dan mengetahui bentuk permainan
kayu malele yang akan dilaksanakan lingkungan sekolah (mengamati).
§
Siswa membaca teks narasi cara bermain kayu malele
(mengamati).
§
Siswa mengidentifikasi berbagai variasi pola gerak dasar
manipulatif dalam permainan tradisional (mengumpulkan informasi)
§
Siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks
narasi cara bermain kayu malele (mengasosiasi).
§
Siswa mengisi tabel yang berkaitan dengan keberagaman
jenis kelamin dan kegemaran saat bermain di lingkungan sekolah (mengasosiasi).
§
Siswa menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas
berdasarkan jenis kelamin (mengomunikasikan).
§
Siswa menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas
berdasarkan kegemaran (mengomunikasikan).
§
Siswa diarahkan oleh guru melakukan kegiatan menulis
dengan cermat.
§
Siswa menulis cerita narasi tentang bermain kayu malele
sederhana menggunakan bahasa sendiri dengan EYD yang benar
(mengomunikasikan).
§
Siswa menceritakan perilaku rukun dengan teman sekolah
yang berbeda jenis kelamin dan kegemaran berdasarkan cerita yang ditulis
siswa (mengomunikasikan).
§
Siswa diarahkan oleh guru mengamati gambar variasi pola
gerak dasar manipulatif dengan cermat.
§
Siswa mengamati berbagai gambar variasi pola gerak dasar
manipulatif dalam permainan sederhana (mengamati).
§
Siswa menceritakan gerakan pada tiap gambar.
(mengomunikasikan).
§
Siswa mengidentifikasi berbagai variasi pola gerak dasar
manipulatif dalam permainan sederhana dengan cermat (mengumpulkan informasi).
§
Siswa melambungkan, menangkap, memukul, menendang,
menahan, dan melempar bola ke sasaran bergerak dengan bimbingan guru dalam
permainan sederhana (mengasosiasi).
§
Siswa mendiskusikan hal yang perlu dilakukan sebelum
bermain malele (mengasosiasi).
§
Siswa melakukan permainan kayu malele di lapangan sekolah
(mengumpulkan informasi).
§
Siswa diberi arahan oleh guru melakukan kegiatan
pembagian dengan percaya diri.
§
Siswa mengamati cara melakukan pada buku operasi
pembagian (mengamati).
§
Siswa menjelaskan cara melakukan operasi hitung pembagian
(mengomunikasikan).
§
Siswa menyebutkan kalimat pembagian berdasarkan gambar
(mengomunikasikan).
§
Siswa menuliskan kalimat pembagian berdasarkan gambar
(mengomunikasikan).
§
Siswa memeriksa kebenaran penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan pembagian (mengasosiasi).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Gambar bermain kayu malele.
¡ Teks cara bermain kayu malele.
¡ Gambar berbagai variasi pola gerak dasar manipulatif
dalam permainan sederhana.
¡ Gambar tentang operasi pembagian
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
a. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks
aktivitas bermain di lingkungan sekolah.
Banyak soal: 5 buah
Kunci jawaban:
1. Kayu berukuran 20 cm 1 batang dan kayu berukuran 50 cm 1 batang
(skor 15).
2. Jawaban disesuaikan dengan pendapat siswa (skor 15).
3. Sikap kekompakkan dan saling Membantu dalam keberagaman (skor 15).
4. Jawaban disesuaikan dengan pendapat siswa (skor 40)
5. Rukun (skor 15)
b. Menulis kalimat pembagian.
Banyak soal: 3 buah.
Skor maksimal: 3
Kunci jawaban :
1. 15 : 3 = 5 (skor 1)
2. 16 : 2 = 8 (skor 1)
3. 18 : 3 = 6 (skor 1)
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca Teks
Narasi Cara Bermain Kayu Malele
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Membaca Teks
|
Siswa mampu membaca keseluruhan teks
|
Siswa mampu membaca setengan atau lebih bagian teks
|
Siswa mampu membaca kurang dari setengah bagian teks
|
Siswa belum mampu membaca teks
|
2.
|
Pemahaman Isi teks
|
Mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan
|
Mampu menjawab setengah atau lebih pertanyaan yang
diajukan
|
Mampu menjawab kurang dari setengah bagian teks
|
Belum mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan
|
3.
|
Suara saat membaca teks
|
Suara siswa sangat nyaring dan sangat menarik saat
membaca teks percakapan
|
Suara siswa nyaring dan menarik saat membaca teks
percakapan
|
Suara siswa kurang nyaring dan kurang menarik saat membaca
teks percakapan
|
Suara siswa tidak nyaring dan tidak menarik saat
membaca teks percakapan
|
b. Rubrik Penilaian Menulis Narasi Sederhana
tentang Bermain Kayu Malele Menggunakan Bahasa Sendiri dengan EYD yang Benar
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kesesuaian isi dengan judul atau tema
|
Seluruh isi karangan sesuai judul atau tema
|
Setengah atau lebih isi karangan sesuai judul atau
tema
|
Kurang dari setengah isi karangan sesuai judul atau
tema
|
Seluruh isi karangan belum sesuai
|
2.
|
Penggunaan EYD (huruf kapital pada awal kata dan
terdapat kalimat seru)
|
Menggunakan huruf kapital di awal kata dan terdapat
kalimat seru
|
Menggunakan huruf kapital diawal kata dan terdapat
sedikit kalimat seru
|
Menggunakan sebagian huruf kapital di awal kata dan
tidak terdapat kalimat seru
|
Tidak menggunakan huruf kapital di awal kata dan tidak
terdapat kalimat seru
|
c. Rubrik Penilaian Menceritakan Perilaku Rukun
dengan Teman yang Berbeda Jenis Kelamin dan Kegemaran
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan Bercerita
|
Siswa bercerita dengan lancar
|
Sebagian besar cerita disampaikan dengan lancar
|
Sebagian kecil cerita disampaikan dengan lancar
|
Belum mampu bercerita
|
2.
|
Volume Suara
|
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
|
Terdengar sampai setengah ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat pelan atau tidak terdengar
|
Penilaian
: Pengamatan/obseravi
d. Lembar Pengamatan Melakukan Variasi Pola
Gerak Dasar Manipulatif
No
|
Kriteria
|
Terlihat
(√)
|
Belum
terlihat (√)
|
1
|
Melakukan variasi gerak jalan ke berbagai arah
|
....
|
....
|
2
|
Menangkap pola yang dilambungkan dengan benar
|
....
|
....
|
3
|
Memukul bola yang dilambungkan
|
....
|
....
|
4
|
Menendang bola dalam kelompok
|
....
|
....
|
5
|
Menahan bola dalam kelompok
|
....
|
....
|
6
|
Melempar bola ke sasaran bergerak.
|
....
|
....
|
Hasil
Pengamatan Melakukan Variasi Pola Gerak Dasar Manipulatif
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
Terlihat (P)
|
Belum Taerlihat (P)
|
||
1.
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
………
|
|
|
|
|
|
|
e. Rubrik Penilaian Memeriksa Kebenaran
Penyelesaian Masalah yang Berkaitan dengan Pembagian.
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan memeriksa kebenaran penyelesaian masalah
berkaitan dengan pembagian
|
Siswa mampu memeriksa kebenaran seluruh penyelesaian
masalah berkaitan dengan pembagian
|
Siswa mampu memeriksa kebenaran sebagian besar
penyelesaian masalah berkaitan dengan pembagian
|
Siswa mampu memeriksa kebenaran sebagian kecil
penyelesaian masalah berkaitan dengan pembagian
|
Siswa tidak mampu memeriksa kebenaran penyelesaian
masalah berkaitan dengan pembagian
|
2.
|
Ketepatan hasil memeriksa kebenaran penyelesaian
masalah berkaitan dengan pembagian
|
Siswa memeriksa seluruh hasil kebenaran penyelesaian
masalah berkaitan dengan pembagian dengan tepat
|
Siswa memeriksa sebagian besar hasil kebenaran
penyelesaian masalah berkaitan dengan pembagian dengan tepat
|
Siswa memeriksa sebagian kecil hasil kebenaran
penyelesaian masalah berkaitan dengan pembagian dengan tepat
|
Siswa tidak memeriksa hasil kebenaran penyelesaian
masalah berkaitan dengan pembagian dengan tepat
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar