RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
KEMBANGSARI 02
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 3 : Hidup
Rukun di Sekolah
PembelajaranKe : 6
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (5x35 Menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
PPKn
3.4
Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam
keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama
tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan
membuat kata-kata sendiri yang bermakna
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.5.12 Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam
kemajemukan teman.
4.5.10 Menerapkan permintaan maaf demi menjaga
kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan teman.
Matematika
3.1.6 Membandingkan dua kumpulan benda melalui
istilah lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak.
3.1.7 Mengurutkan bilangan sampai 500.
4.1.2 Membuat pola deret bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
PPKn
3.3.8
Menyebutkan keberagaman teman-teman sekelas
berdasarkan cita-cita mereka.
4.3.4
Menunjukkan perilaku mau berinteraksi
dengan beragam teman di lingkungan sekolah.
SBdP
3.2.4
Menunjukkan pola irama rata pada alat
musik ritmik.
4.7.1
Membuat lagu anak-anak sederhana dengan
kata-kata sendiri yang bermakna
4.7.2
Menyanyikan lagu anak-anak sederhana
dengan kata-kata sendiri yang bermakna
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjodohkan gambar
wajah anak dengan cita-citanya dengan teliti.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan keberagaman
teman-teman sekelas berdasarkan cita-cita mereka dengan percaya diri.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan lagu
Bintang Kejora dengan penuh percaya diri.
¡ Dengan menyanyikan lagu Bintang Kejora, siswa dapat
menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmik dengan percaya diri
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat membuat lagu
anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna dengan teliti.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan lagu
anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna dengan percaya diri.
¡ Dengan bekerjasama dengan teman sebangku, siswa dapat
membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit
atau sama banyak dengan teliti.
¡ Dengan bekerja sama membandingkan dua kumpulan benda,
siswa dapat menunjukkan perilaku mau berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan sekolah dengan santun dan percaya diri.
¡ Dengan bekerjasama, siswa dapat menerapkan permintaan
maaf atas kesalahan sendiri untuk menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi
kemajemukan dengan percaya diri, teliti dan santun.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan akibat tidak
hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan santun.
¡ Dengan melengkapi barisan bilangan, siswa dapat membuat
pola deret bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari
100 dengan teliti.
¡ Dengan media gambar kubus satuan, siswa dapat
mengurutkan bilangan sampai 500 dengan teliti.
¡ Dengan penugasan guru, siswa dapat mengurutkan benda
dari yang terbesar sampai terkecil dengan teliti.
E. MATERIPEMBELAJARAN
¡ Menjodohkan gambar wajah anak dengan cita-citanya.
¡ Menyebutkan keberagaman teman-teman sekelas berdasarkan
cita-cita mereka.
¡ Menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmik.
¡ Membuat lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri
yang bermakna.
¡ Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata
sendiri yang bermakna.
¡ Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih
banyak, lebih sedikit atau sama banyak.
¡ Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan
teman.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Hidup Rukun”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Guru membimbing siswa untuk
mengamati gambar wajah anak dan cita-cita dengan teliti.
§ Siswa mengamati gambar wajah anak
dan cita-cita (mengamati).
§ Siswa menjodohkan gambar wajah anak
dengan cita-citanya (mencoba).
§ Siswa bertanya jawab menyebutkan
keberagaman teman-teman sekelas berdasarkan cita-cita mereka dengan percaya
diri (menanya).
§ Guru membimbing siswa untuk
menyanyikan lagu Bintang Kejora denga santun.
§ Siswa menyanyikan lagu Bintang
Kejora (mencoba).
§ Siswa menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmik
dengan percaya diri (menalar).
§ Guru membimbing siswa membuat lagu anak-anak seder-hana
dengan kata-kata sendiri yang bermakna dengan teliti.
§ Siswa membuat lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata
sendiri yang bermakna (menalar).
§ Siswa menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan
kata-kata sendiri yang bermakna (mencoba).
§ Guru membimbing siswa untuk
membandingkan banyak benda dengan teliti.
§ Siswa meghitung banyak huruf pada
syair lagunya (mencoba).
§ Siswa bekerjasama dengan teman
sebangku membanding-kan jumlah huruf syair lagu yang dibuatnya dengan yang
dibuat temannya (mencoba).
§ Siswa menunjukkan perilaku mau
berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan sekolah saat bekerjasama
dengan temannya (mengomunikasikan).
§ Siswa meminta maaf atas kesalahan sendiri untuk menjaga
kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan saat bekerjasama dengan temannya
(mencoba).
§ Siswa bertanya jawab menjelaskan akibat tidak hidup rukun
dalam kemajemukan teman (menanya).
§ Siswa mengamati kumpulan buku lagu dan memperhatikan
bilangan yang menunjukkan banyak buku (mengamati)
§ Siswa memperhatikan pola bilangan pada bilangan bilangan
halaman buku lagu (mengamati).
§ Siswa membuat pola deret bilangan sederhana meng-gunakan
bilangan-bilangan yang kurang dari 100 dengan melengkapi barisan bilangan
dengan pola +10 (menalar)
§ Siswa memperhatikan bilangan pada gambar kubus satuan
(mengamati).
§ Siswa mengurutkan bilangan sampai 500 (menalar).
§ Guru membimbing siswa untuk mengerjakan latihan dengan
teliti.
§ Siswa mengerjakan soal latihan
tentang mengurutkan benda dari yang terbesar sampai terkecil
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Gambar menjodohkan wajah anak dengan cita-citanya.
¡ Syair lagu "Bintang Kejora".
¡ Gambar kumpulan benda.
¡ Gambar kubus satuan.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
a. Menjodohkan gambar wajah anak dengan
cita-cita mereka.
Tes tertulis: skor
Banyak soal: 6 buah
Kunci jawaban:
Disesuaikan dengan jawaban siswa.
b. Membandingkan huruf syair lagu sendiri dengan
huruf syair lagu teman
Tes tertulis: skor
Kunci jawaban
Disesuaikan dengan jawaban siswa.
c. Melengkapi baris bilangan dengan pola +10
Tes tertulis : skor
Banyak soal : 5
Kunci jawaban
1. 47, 57, 67, 77, 87
2. 42, 52, 62, 72, 82
3. 43, 53, 63, 73, 83
4. 44, 54, 64, 74, 84
5. 45, 55, 65, 75, 85
d. Mengurutkan banyak kubus satuan
Tes tertulis: skor
Kunci jawaban
368, 358, 348
e. Mengurutkan bilangan dari yang terkecil
Tes tertulis: skor
Banyak soal: 2 buah
Kunci jawaban
1. 347, 352, 375
2. 446, 453, 467
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Membuat Syair Lagu tentang Cita-Cita
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kesesuaian syair lagu dengan
irama yang akan dinyanyikan.
|
Syair lagu sangat sesuai dengan
irama yang akan dinyanyikan.
|
Syair lagu sesuai dengan irama
yang akan dinyanyikan.
|
Syair lagu kurang sesuai
dengan irama yang akan dinyanyikan.
|
Syair lagu tidak sesuai dengan
irama yang akan dinyanyikan.
|
2.
|
Pilihan kata pada syair lagu
|
Sangat mampu memilih kata-kata
yang indah, bervariasi, dan tepat.
|
Mampu memilih kata-kata yang
indah, bervariasi, dan tepat.
|
Kurang mampu memilih kata-kata
yang indah, bervariasi, dan dan tepat.
|
Tidak mampu sama sekali memilih
kata-kata yang indah, bervariasi, dan tepat.
|
Rubrik Menyanyi Lagu tentang Cita-Cita
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Penguasaan Lagu.
|
Konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan
guru.
|
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang
tepat tanpa bimbingan guru.
|
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang
tepat walaupun telah dibimbing guru.
|
Menyanyi dengan nada yang tidak tepat walaupun telah
dibimbing guru.
|
2.
|
Kemampuan saat bernyanyi.
|
Sangat mampu bernyanyi dengan
vokal yang baik dan volume suara yang jelas
|
Mampu bernyanyi dengan vokal
yang baik dan volume suara yang jelas
|
Kurang mampu bernyanyi dengan
vokal yang baik dan volume suara yang jelas
|
Tidak mampu sama sekali
bernyanyi dengan vokal yang baik dan volume suara yang jelas
|
Rubrik Menunjukkan Perilaku Mau Berinteraksi Dengan Beragam
Teman
No.
|
Kriteria
|
Terlihat ( P)
|
Belum Terlihat (P )
|
1.
|
Sikap mau bermain dengan siapa saja (tidak memilih-milih teman)
|
|
|
2.
|
Sikap menghargai teman.
|
|
|
3.
|
Tidak membeda-bedakan teman
|
|
|
4.
|
Sikap menerima dengan senang hati kelebihan dan kekurangan teman
|
|
|
Hasil
Pengamatan Menunjukkan Perilaku Mau Berinteraksi Dengan Beragam Teman
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
T (P)
|
BT (P)
|
T (P)
|
BT (P)
|
T (P)
|
BT (P)
|
||
1.
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
………
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Memperagakan Ucapan Permohonan Maaf
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Ekspresi
|
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara konsisten.
|
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun
kurang konsisten.
|
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dengan dialog.
|
Monoton, tanpa ekspresi.
|
2.
|
Lafal
|
Dialog dilafalkan dengan tepat
dan jelas.
|
Ada 1-2 kata yang kurang tepat
pelafalannya.
|
Lebih dari 2 kata belum tepat
pelafalannya.
|
Hampir semua kata belum tepat
pelafalannya.
|
3.
|
Intonasi
|
Intonasi sesuai dengan dialog
secara konsisten.
|
Intonasi sesuai dengan dialog
namun kurang konsisten.
|
Intonasi tidak sesuai dengan dialog.
|
Tanpa intonasi.
|
4.
|
Volume Suara
|
Volume suara keras dan jelas.
|
Volume suara jelas.
|
Volume suara kurang jelas.
|
Suara sangat pelan dan tidak jelas.
|
Rubrik Membuat Pola Deret Bilangan Sederhana Dari Yang
Terkecil Hingga Terbesar
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Ketepatan jawaban dengan perintah soal
|
Terlihat 4 jawaban yang tepat dengan perintah soal
|
Terlihat 3 jawaban yang tepat dengan perintah soal
|
Terlihat 2 jawaban yang tepat dengan perintah soal
|
Terlihat 1 jawaban yang tepat dengan perintah soal
|
2.
|
Keruntutan pola deret dari yang terkecil hingga terbesar
|
Terlihat 2 jawaban runtut dari yang terkecil hingga
terbesar
|
Terlihat 1 jawaban runtut dari yang terkecil hingga
terbesar
|
Terlihat setengah jawaban runtut dari yang terkecil
hingga terbesar
|
Tidaka ada terlihat jawaban runtut dari yang terkecil
hingga terbesar
|
3.
|
Kerapian dan kebersihan hasil yang dibuat
|
Keseluruhan hasil yang dibuat tampak bersih dan rapi.
|
Sebahagian besar hasil yang dibuat tampak bersih dan
rapi.
|
Sebahagian kecil hasil yang dibuat tampak bersih dan
rapi.
|
Hasil yang dibuat tampak tidak bersih dan tidak rapi.
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Lembar Evaluasi
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar