RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Bermain di Lingkunganku
Sub Tema 1 : Bermain
di Lingkungan Rumah
Pembelajaran Ke : 6
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
Matematika
3.3 Mengenal kesamaan dua ekspresi menggunakan
benda konkret, simbol atau penjumlahan/pengurangan bilangan hingga satu angka.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang
berkaitan dengan penjumlahan, pengurang, perkalian, pembagian, waktu, berat,
panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
SBdP
3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang
dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan.
4.13 Membuat karya kerajinan sebagai penghias
benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan
melipat, menggunting dan menempel.
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah dan sekolah.
4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam
keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
3.2.7
Menyebutkan urutan aktivitas bermain
dengan topik tertentu.
4.2.4
Membuat jadwal harian berdasarkan
kegiatan dan aktivitas bermain yang dilakukan.
4.2.5
Menyimpulkan isi cerita narasi yang
telah ditulis.
Matematika
3.2.2
Menentukan suku yang belum diketahui
dari kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan ( ruas kanan dan kiri
dari 2 suku)
4.5.4
Mengemukakan langkah-langkah menentukan
suku yang belum diketahui dari kalimat matematika pengurangan ( ruas kanan dan
kiri terdiri dari 2 suku)
SBdP
3.4.2
Menjelaskan cara mengolah bahan alam
yang dapat digunakan sebagai karya kreatif.
4.13 Membuat karya kreatif sebagai penghias benda
dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan
menggunting (daun pisang, daun nangka, daun kelapa).
PPKn
3.4.6
Menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam
keberagaman.
3.4.7
Menjelaskan akibat hidup tidak bersatu
dalam keberagaman.
4.4.1
Bermain peran tentang bersatu dalam
keberagaman di lingkungan rumah.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan membaca teks, siswa dapat membaca teks percakapan
Tiur, Beni, dan Ibu di dapur dengan percaya diri.
¡ Dengan teks percakapan, siswa dapat bermain peran sesuai
teks percakapan Tiur, Beni dan Ibu tentang bersatu dalam keragaman di
lingkungan rumah dengan percaya diri.
¡ Dengan teks percakapan Tiur, Beni dan Ibu, siswa dapat
melengkapi kalimat dengan cermat.
¡ Dengan berdiskusi siswa dapat menjawab pertanyaan
berdasarkan teks percakapan Tiur, Beni dan Ibu dengan cermat dan percaya diri.
¡ Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat mengisi
tabel tentang manfaat daun pisang, daun kelapa dan beberapa daun lainnya dengan
cermat.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan manfaat
hidup bersatu dalam keberagaman dengan percaya diri.
¡ Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan akibat hidup
tidak bersatu dalam keberagaman dengan percaya diri.
¡ Dengan memperhatikan jadwal harian Beni, siswa dapat
menyebutkan urutan aktifitas Beni dengan percaya diri.
¡ Dengan memperhatikan contoh, siswa dapat membuat jadwal
harian sendiri berdasarkan kegiatan dan aktivitas bermain yang dilakukan dengan
cermat.
¡ Dengan mendengarkan cerita yang dibacakan, siswa dapat
menyimpulkan isi cerita tentang jadwal kegiatan sendiri dengan percaya diri dan
penuh rasa tanggung jawab.
¡ Dengan mengerjakan latihan, siswa dapat mengerjakan soal
tentang menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika yang
berkaitan dengan pengurangan ( ruas kanan dan kiri dari 2 suku) dengan percaya
diri.
¡ Dengan mengerjakan soal, siswa dapat mengemukakan
langkah-langkah menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika
pengurangan ( ruas kanan dan kiri terdiri dari 2 suku) dengan percaya diri.
¡ Dengan petunjuk sederhana, siswa dapat menjelaskan cara
mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif dengan percaya diri.
¡ Dengan memperhatikan contoh, siswa dapat membuat karya
kreatif berupa anyaman dari daun kelapa sebagai penghias benda dengan
menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan menggunting daun
kelapa dengan cermat dengan percaya diri.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Gambar yang telah diurutkan siswa.
¡ Mengisi tabel berdasarkan ciri-ciri fisik teman
¡ Menjawab pertanyaan berdasarkan tabel yang telah diisi
siswa
¡ Menjawab pertanyaan berdasarkan permainan mencari harta
karun yang telah dilakukan
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Bermain di lingkunganku”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Guru memberikan arahan kepada siswa untuk membaca teks
dengan cermat.
§
Siswa mengamati gambar tentang kegiatan ibu di dapur
pulang dari berbelanja (mengamati).
§
Siswa mengamati teks percakapan antara Tiur, Beni, dan
Ibu (mengamati).
§
Siswa membaca teks percakapan.
§
Siswa menanya tentang gambar kegiatan ibu di dapur pulang
dari berbelanja (menanya).
§
Siswa menanya tentang teks percakapan antara Tiur, Beni,
dan Ibu (menanya).
§
Siswa bertanya tentang pembagian kelompok dalam membaca
teks percakapan (menanya).
§
Siswa bermain peran sesuai teks percakapan Tiur, Beni dan
Ibu tentang bersatu dalam keragaman di lingkungan rumah (mengasosiasi).
§
Siswa melengkapi kalimat berdasarkan teks percakapan
Tiur, Ibu, dan Beni (mengomunikasikan).
§
Guru memberikan arahan kepada siswa untuk melakukan
kegiatan dengan bertanggung jawab.
§
Siswa menjawab pertanyaan dari teks percakapan yang
dibaca (mengasosiasi).
§
Siswa mendiskusikan jawaban yang didapat
(mengomunikasikan).
§
Siswa mengisi tabel tentang manfaat daun pisang, daun
kelapa dan beberapa daun lainnya berdasarkan teks percakapan mengenai
berbelanja (mengomunikasikan).
§
Siswa menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam keragaman
dari pertanyaan yang diberikan guru (mengomunikasikan).
§
Siswa menjelaskan akibat hidup tidak bersatu dalam
keragaman (mengomunikasikan).
§
Siswa memperhatikan jadwal harian Beni (mengamati).
§
Siswa menyebutkan urutan aktivitas Beni
(mengomunikasikan).
§
Siswa ditugaskan guru menyusun ulang jadwal sehari Beni
(mengomunikasikan).
§
Siswa ditugaskan menulis jadwal harian sendiri
berdasarkan kegiatan dan aktivitas bermain yang dilakukan (mengomunikasikan)
§
Siswa menyimpulkan isi cerita tentang jadwal kegiatan
sendiri yang telah ditulis dengan bimbingan guru (mengomunikasikan).
§
Guru membimbing siswa agar mengerjakan soal dengan
cermat.
§
Siswa mengerjakan soal tentang menentukan suku yang belum
diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan ( ruas
kanan dan kiri dari 2 suku) dengan bimbingan guru (mengumpulkan informasi).
§
Siswa mengemukakan langkah-langkah menentukan suku yang
belum diketahui dari kalimat matematika pengurangan (ruas kanan dan kiri
terdiri dari 2 suku (mengumpulkan informasi).
§
Guru memberi arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan
dengan percaya diri.
§
Siswa membaca petunjuk sederhana tentang membuat anyaman
dari daun kelapa (mengamati).
§
Siswa menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat
digunakan sebagai karya kreatif (mengomunikasikan).
§
Siswa membuat anyaman dari daun kelapa (mengasosiasi).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Gambar kegiatan ibu di dapur pulang dari berbelanja.
¡ Teks percakapan aktivitas di dapur setelah berbelanja.
¡ Gambar pengelompokkan benda pada soal matematika
¡ Bahan dan alat membuat karya kreatif berupa anyaman dari
daun pisang sebagai penghias benda.
¡ Gambar anyaman dari daun kelapa
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
a. Penilaian melengkapi kalimat berdasarkan teks
percakapan Tiur, Beni dan Ibu
Tes tertulis: skor
Jumlah soal : 5 buah
Kunci Jawaban:
Tiur melakukan menghitung sisa uang belanja (skor 20)
Beni melakukan menyimpan barang-barang belanja (sko r 20)
Sekarang ibu merasa senang (skor 20)
Jika dikerjakan bersama-sama, perasaan berat menjadi ringan
(skor)
Bila Tiur dan Beni tidak menunjukkan sikap bersatu, maka timbul
perkelahian (skor 20).
b. Penilaian menjawab pertanyaan dengan
berdiskusi
Tes tertulis: skor
Jumlah soal : 4 buah
Kunci Jawaban:
Karena Tiur dan Beni membantu ibu menghitung uang kembalian
(skor 25).
Tiur dan Beni bersama-sama membantu ibu meghitung uang
kembalian (skor 25).
Contoh daun mangga, daun nanga ( jawaban bervariasi
disesuaikan dengan jawaban anak) (skor 25).
Maka kita tidak bisa menikmati bermacam-macam sayur (jawaban
bervariasi disesuaikan berdasarkan jawaban anak) (skor 25).
c. Mengisi tabel tentang manfaat macam-macam daun
Tes tertulis: skor
Jumlah soal: 4
Jawaban: disesuaikan berdasarkan pendapat siswa (satu soal
skor 25)
d. Menyusun ulang jadwal sehari Beni
Tes tertulis: skor
Jumlah soal : 6 buah
Kunci Jawaban:
Pagi hari Beni bersiap ke sekolah (skor16,5).
Lalu Beni belajar dengan teman dan guru sampai siang
(skor16,5).
Siang hari Beni pulang ke rumah (skor16,5).
Beni akan mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah
(skor16,5).
Beni bermain bola di luar bersama teman-teman (skor16,5).
Malam hari Beni beristirahat (skor16,5).
e. Menjawab pertanyaan soal matematika tentang
menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan
pengurangan ( ruas kanan dan kiri dari 2 suku)
Tes tertulis: skor
Jumlah soal: 5 buah
Kunci jawaban:
42
23
12
5
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Rubrik Penilaian Bermain Peran Dengan Membaca
Teks Percakapan
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Ekspresi
|
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara
konsisten.
|
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun
kurang konsisten.
|
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dengan dialog.
|
Monoton, tanpa ekspresi.
|
2.
|
Volume Suara
|
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
|
Terdengar sampai setengah ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat pelan
atau tidak terdengar
|
b. Rubrik Penilaian Kemampuan Menyimpulkan
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kemampuan menyimpulkan
|
Siswa menyimpulkan dengan lancar
|
Setengah bagian cerita menyimpulkan dengan lancar
|
Kurang dari setengah bagian cerita menyimpulkan dengan lancar
|
Belum mampu menyimpulkan
|
2.
|
Volume Suara
|
Terdengar sampai seluruh ruang kelas
|
Terdengar sampai setengah ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat pelan
atau tidak terdengar
|
c. Rubrik Penilaian Membuat Jadwal Harian
Berdasarkan Aktivitas Bermain
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kesesuaian Jadwal harian aktifitas bermain dengan topik
|
Jadwal harian aktifitas bermain sangat sesuai dengan
topik
|
Jadwal harian aktifitas bermain sesuai dengan topik
|
Jadwal harian aktifitas bermain kurang sesuai dengan
topik
|
Jadwal harian aktifitas bermain tidaksesuai dengan topik
|
2.
|
Kerapian dan kebersihan kerja dalam membuat jadwal harian
aktifitas bermain
|
Jadwal harian aktifitas bemain dibuat dengan sangat rapi
dan sangat bersih
|
Jadwal harian aktifitas bemain dibuat dengan rapi dan
bersih
|
Jadwal harian aktifitas bemain dibuat dengan kurang rapi
dan kurang bersih
|
Jadwal harian aktifitas bemain dibuat dengan tidak rapi
dan tidak bersih
|
d. Rubrik Penilaian Mengemukakan Langkah-Langkah
Menentukan Suku yang Belum Diketahui dari Kalimat Matematika Penjumlahan (Ruas
Kanan dan Kiri terdiri dari 2 Suku).
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Ketepatan mengemukakan langkah-langkah
|
Seluruh langkah-langkah dikemukakan dengan tepat oleh
siswa
|
Sebagian langkah-langkah dikemukakan dengan tepat oleh
siswa
|
Sebagian kecil langkah-langkah dikemukakan dengan tepat
oleh siswa
|
Tidak ada langkah-langkah dikemukakan siswa
|
2.
|
Kerapian tulisan
|
Seluruh soal ditulis dengan rapi oleh siswa
|
Sebagian besar soal ditulis dengan rapi oleh siswa
|
Sebagian kecil soal ditulis dengan rapi oleh siswa
|
Tidak ada soal yang ditulis rapi oleh siswa
|
3.
|
Kebersihan tulisan
|
Seluruh soal ditulis dengan bersih oleh siswa
|
Sbagian besar soal ditulis dengan bersih oleh siswa
|
Senagian kecil soal ditulis dengan bersih oleh siswa
|
Tidak ada soal yang ditulis bersih oleh siswa
|
4.
|
Kemampuan siswa memberikan alasan nilai kebenaran kesamaan
|
Siswa mampu memberikan seluruh alasan nilai kebenaran kesamaan dengan
tepat
|
Siswa mampu memberikan sebagian besar alasan nilai kebenaran kesamaan
dengan tepat
|
Siswa mampu memberikan sebagian kecil alasan nilai kebenaran kesamaan
dengan tepat
|
Siswa tidak mampu memberikan alasan nilai kebenaran kesamaan
|
e. Rubrik Penilaian Membuat Karya Kreatif dari
Bahan Alam berupa Anyaman
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Kreativitas
|
Hasil prakarya menggunakan4
warna yang berbeda
|
Hasil prakarya menggunakan 3
warna yang berbeda
|
Hasil prakarya menggunakan2
warna yang berbeda
|
Hasil prakarya
menggunakan1warna yang berbeda
|
2.
|
Kerapian dalam menggunting
|
Pola menggunting terlihat rapi dan hasil warna
terlihat merata
|
Pola menggunting terlihat rapi namun hasil warna terlihat kurang merata
|
Pola menggunting terlihat kurang rapi namun hasil warna terlihat merata
|
Pola menggunting terlihat kurang rapi dan hasil warnapun terlihat kurang
merata
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar